Keliling Teluk Palu dengan KAL Pulau Pasoso bersama peserta SMN

id lanal palu,smn,kal

Peserta kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Sulawesi Tengah asal Bangka Belitung mengelilingi perairan dan menikmati pemandangan alam Teluk Palu dari KAL Pulau Pasoso Miki Mako Lanal Palu. (Antaranews Sulteng/Arshandi)

Palu (Antaranews Sulteng) - Para siswa asal Provinsi Bangka Belitung yang mengikuiti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Sulawesi Tengah, diajak berkeliling Teluk Palu menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Pasoso.

Selama sekitar 90 menit, Senin petang, KAL Pulau Pasoso yang sedang berpatroli di perairan Selat Makassar itu, membawa ke-23 siswa asal Provinsi Babel bersama para pendamping itu berkeliling Teluk Palu sambil menyaksikan pemandangan menarik dari tengah teluk memiliki kedalaman ribuan meter itu.

Kapten KAL Pulau Pasoso Kapten TNI (P) Mega Yudha Prabowo berharap setelah pelayaran singkat ini, para siswa semakin bangga dan mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Ini adalah salah satu cara yang dilakukan prajurit TNI AL dari Markas Komando (Mako) TNI AL (Lanal) Palu agar jiwa cinta akan NKRI para siswa semakin tinggi," ujarnya.

Baca juga: Di Mako Lanal Palu, peserta SMN Babel diminta jauhi narkoba

Baca juga: Peserta SMN Babel diajari disiplin militer di Lanal Palu


Salah satu peserta SMN asal Babel Regizky mengaku takjub dengan keindahan Teluk Palu. 

Siswi Kelas XI SMA Negeri Toboali, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan itu mengaku baru pertama kali menaiki kapal TNI AL.

"Pokoknya sangat menyenangkan dan saya makin bangga dengan Indonesia dan cinta terhadap NKRI," ujarnya.

Selama pelayaran, para siswa diajak berkeliling kapal oleh beberapa awak KAL Pulau Pasoso untuk diperkenalkan dengan alat-alat tempur dan navigasi yang terpasang pada KAL Pulau Pasoso.

Pelayaran dengan KAL Plau Pasoso ini merupakan salah satu kegiatan SMN selama dua hari berada di Mako Lanal Palu.

SMN sendiri adalah kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri yang diselenggarakan Kementerian BUMN setiap tahun menjelang HUT Kemerdekaan RI.

Kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri di Sulawesi Tengah diselenggarakan bersama oleh tiga BUMN yakni PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk selaku PIC, sedangkan Perum LPPNPI (Airnaf Indonesia) dan PT. Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai co.PIC

 
Para siswa peserta program SNM menjalani latihan dasar militer di Mako Lanal Palu, Senin (13/8) (Antaranews Sulteng/Arshandi) 
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar