Aplikasi "Asian Games" catat momen Asian Games 2018 secara rinci

id asian games

Ilustrasi, Tampilan laman khusus Asian Games 2018 (ist) (ist/)

Jakarta,  (Antaranews Sulteng) - Komite resmi yang dibentuk pemerintah Indonesia untuk Asian Games 2018, INASGOC (Asian Games 2018 Committee), membuat aplikasi resmi yang kini tersedia di App Store dan Play Store.
    
Aplikasi yang dinamai  "Asian Games" ini dibuat untuk memberikan informasi terkini tentang perhelatan olahraga yang digelar empat tahunan sekali itu.
    
"Inilah satu-satunya aplikasi resmi 18th Asian Games 2018. Unduh sekarang juga untuk selalu ter-update dengan 18th Asian Games 2018, di mana pun dan kapan pun," tertulis dalam kolom informasi pada toko aplikasi.
    
Saat Antaranews mengunduh aplikasi tersebut tersebut, nampak bahwa aplikasi yang berukuran 45MB telah diunduh 5.000 kali di Google Play Store dan mengantongi ratings 4.8.
    
Saat membuka aplikasi, tampilan Beranda memperlihatkan hitung mundur event pembukaan Asian Games 2018, yang di bawahnya terdapat kabar terbaru mengenai perhelatan Asian Games 2018, dan berita-berita terkini tentang pertandingan khususnya.
    
Di sisi bagian kanan aplikasi terdapat toolbar yang menampilkan sejumlah menu, antara lain Berita, Galeri Photo, Video, Hasil, Olahraga, Jadwal, Atlet, Mitra, Tiket dan Pengaturan.
    
Pada Galeri Photo terdapat kumpulan foto sesuai dengan event yang dipertandingkan, seperti ¿Bola tangan putra Indonesia melawan Hong Kong¿ yang dihelat Senin (13/8).
   
Sementara itu, dalam menu Video menampilkan ¿Video Highlight Asian Games¿ dengan beberapa episode. Misalnya, episode #22 yang memberitakan Rollerskate pertama kali dipertandingkan di Asian Games.
    
Selanjutnya, menu Hasil, memperlihatkan hasil pertandingan terbaru dari seluruh cabang olahraga, seperti Bola Tangan Putra yang telah melalui babak penyisihan. Di sana terdapat hasil pertandingan secara rinci dari Grup A, Grup B, Grup C dan Grup D.
    
Pembahasan lebih rinci pertandingan mengenai masing-masing grup cabang olahraga disajikan di menu Olahraga.
    
Saat Antaranews memilih Bola Tangan Putra, misalnya, terdapat keterangan bahwa pertandingan telah selesai digelar. Ditampilkan pula hasil permainan demi permainan, hingga statistik tim masing-masing pertandingan.
    
Menu tersebut juga dilengkapi dengan berita terbaru dari cabang olahraga.
    
Aplikasi "Asian Games" menjadi lebih lengkap dengan adanya menu Atlet. Di sini pengguna dapat mencari atlet berdasarkan negara, maupun cabang olahraga, sekaligus mengenali atlet favorit lebih jauh dengan profil atlet dari 45 negara.
    
Profil atlet yang ditampilkan pun terbilang cukup lengkap, termasuk usia, tanggal lahir, tinggi dan berat badan.
    
Dalam menu Tiket, pengguna akan langsung diarah ke laman Kiostix untuk dapat membeli tiket upacara pembukaan pada Sabtu akhir pekan ini (18/8), maupun upacara penutupan yang bakal digelar pada 2 September mendatang.
    
Tiket untuk menonton pertandingan masing-masing cabang olahraga juga ditawarkan di situs ini.
    
Aplikasi "Asian Games" secara keseluruhan telah mencatat secara rinci momen-momen penting serta serba-serbi di Asian Games 2018 dengan kumpulan berita, foto dan video.
    
Aplikasi semakin lengkap dengan adanya pengaturan notifikasi. Pengguna dapat menggeser tombol on/off untuk menerima pemberitahuan tentang perebutan medali, informasi medali harian maupun berita penting.
    
Sayangnya, menu Pengaturan tidak dilengkapi dengan pengaturan bahasa asing -- aplikasi hanya dalam bahasa Indonesia. Perbaikan pada performa aplikasi juga masih perlu dilakukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar