Bupati Sigi bertekad raih penghargaan adipura

id Sigi, bupati, hijau,irwan

Bupati Sigi bertekad raih penghargaan adipura

BUpati Sigi Mohammad Irwan Lapatta (Antarasulteng.com)

Sigi, (Antaranews Sulteng) - Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapata mengatakan salah satu programnya dalam beberapa tahun ke depan untuk bisa mendapatkan penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Saya bertekad daerah kami bisa menjadi salah satu kabupaten/kota di Tanah Air yang menerima penghargaan itu," kata Bupati Irwan di Sigi, Selasa.

Ia mengatakan dalam rangka mewujudkan tekad tersebut, Pemkab Sigi gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Karena tanpa proaktif masyarakat, impian untuk memperoleh penghargaan Adipura sebagai mana yang diharapkan Pemkab Sigi tidak mungkin bisa tercapai.

Untuk itu, kata dia, perlu ada sinergi antara pemerintah dan masyarakat dari tingkat kabupaten sampai desa.
Masyarakat sangat diharapkan untuk mendukung program dimaksud dengan tetap menjaga agar lingkungan masing-masing bersih dan indah.

Jika lingkungan permukiman di setiap desa bersih dan indah, maka kesehatan masyarakat akan tetap terpelihara dengan baik. Artinya masyarakat akan terhindari dari berbagai penyakit yang disebabkan karena lingkungan kotor.

 Bupati Sigi, Irwan meminta semua pihak yang terkait di daerahnya untuk bersama-sama menyukseskan program tersebut sehingga, Sigi bisa meraih penghargaan Adipura.

"Ini merupakan program unggulan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diberikan kepada provinsi, kabupaten dan kota yang peduli dengan kebersihan lingkungan di daerahnya masing-masing," katanya.

Penghargaan Adipura sendiri merupakan penghargaan di bidang lingkungan hidup yang diberikan kepada kabupaten/kota yang dinilai telah berhasil mewujudkan kota yang bersih, teduh, sehat dan berkelanjutan dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik (good governance).

 Selain itu, Bupati Irwan juga mengatakan beberapa waktu lalu telah mencanangkan program "Sigi Hijau". Program tersebut merupakan salah satu upaya dari Pemkab Sigi untuk menghijaukan lahan-lahan kritis yang sebarannya cukup banyak dan luas di beberapa wilayah.

 Penghijauan lahan kristis tentu dengan menanam pohon atau tanaman yang produktif sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

 Dan program itu sudah berjalan dan mendapat sambutan positif dari masyarakat. Lahan-lahan kritis mulai ditanami? dengan pohon atau tanaman yang bernilai ekonomi.

Program "Sigi Hijau" juga merupakan solusi tepat guna mengatasi lahan kritis yang ada di Kabupaten Sigi yang selama ini terbiarkan, padahal jika dikelola dengan baik justru akan memberikan manfaat besar baik dalam rangka mengantisipasi berbagai bencana alam? dan juga menjadi salah satu sumber penghasilan yang dapat menopang ekonomi keluarga.

 Pada 2017 tercatat ada 16 kota dan kabupaten di Indonesia yang meraih penghargaan Adipura, salah satu kabupaten di Sulteng adalah Luwuk, Ibu Kota Kabuoaten Banggai.

"Kita berharap Sigi bisa mengikuti jejak Kabupaten Banggai yang telah memperoleh penghargaan dimaksud," ujar Bupati Irwan.