Gerakan Pramuka sedunia kagumi Bhinneka Tunggal Ika

id pramuka,alhendawi

Gerakan Pramuka sedunia kagumi Bhinneka Tunggal Ika

Sekretaris Jenderal  Organisasi Gerakan Pramuka Sedunia Ahmad Alhendawi (youtube.com)

Jakarta,  (Antaranews Sulteng) - Sekretaris Jenderal  Organisasi Gerakan Pramuka Sedunia (World Organization of Scout Movement/WOSM) Ahmad Alhendawi menyampaikan kekagumannya pada konsep Bhinneka Tunggal Ika, yang sejalan dengan nilai-nilai kepramukaan.

"Bhinneka Tunggal Ika, persatuan dalam perbedaan, yang dianut Indonesia sangat mengagumkan. Bagaimana bangsa yang memiliki latar belakang berbeda-beda dapat hidup bersama dalam persatuan," katanya dalam pidato kunci pada pembukaan Konferensi Diaspora Pemuda Indonesia di Jakarta, Selasa.

Alhendawi mengatakan persatuan tanpa memandang latar belakang, namun mengedepankan persahabatan, perdamaian, dan kesejahteraan yang berkelanjutan, merupakan nilai dasar yang dianut gerakan Pramuka.

"Pemuda sebagai penyokong utama pembangunan suatu bangsa menjadi agen paling penting untuk terus menumbuhkembangkan nilai-nilai itu," kata dia.

Alhendawi juga mengaku gembira bertemu dengan perwakilan anggota Pramuka Indonesia dan mengapresiasi pemasukan kegiatan Pramuka dalam kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah.

"Kita, para pemuda, adalah agen perubahan. Masa depan Indonesia, masa depan dunia, ada di tangan kita. Dari kitalah perdamaian dan kesejahteraan dunia yang berkeadilan kelak dapat kita capai," kata dia.

Selain menyampaikan sambutan dalam Konferensi Diaspora Pemuda  Indonesia, Alhendawi juga akan mengunjungi Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur di Jakarta Timur.

Dalam kunjungan yang bertepatan dengan Hari Pramuka, 14 Agustus, Alhendawi yang berasal dari Yordania akan didampingi Direktur WOSM Asia Pasifik JRC Pangilinan dari Filipina.