Kunjungan seniman Spanyol diyakini tingkatkan sektor pariwisata Parimo

id Parimo,Spanyol,wisata

Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu (Antarasulteng.com/Rolex Malaha)

Parigi (Antaranews Sulteng) - Bupati Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Samsurizal Tombolotutu berharap kehadiran puluhan seniman orkestra Siero Chamber Orchestra (OCAS) asal Spanyol dapat meningkatkan kunjungan wisata di daerah itu.

"Ini bentuk promosi wisata, ketika mereka pulang ke negaranya nanti, diharapkan membawa kesan yang baik dan menjadi cerita mereka di Eropa sana," katanya di Parigi, Rabu, terkait berakhirnya acara Indonesiana yang dimeriahkan 50-aqn orang seniman orkestra Spanyol.

Ia mengatakan bahwa Parigi Moutong memiliki potensi wisata yang tidak kalah menarik dengan daerah lain, baik objek wisata alam, bahari, kuliner maupun seni-budaya.

Kunjungan orkestra Spanyol yang ikut berpartisipasi dalam acara Indonesiana Vula Dongga (bulan purnama) ini menunjukan bawa Parigi Moutong wajib untuk dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Ia memaparkan Teluk Tomini yang memiliki garis pantai sepanjangn 472 kilometer dari perbatasan bagian utara hingga selatan, sangat potensial untuk pengembangan wisata bahari. Sektor pariwisata menjadi salah satu program prioritas yang akan dikembangkan pemerintah setempat untuk menaikkan kunjungan wisatawan.

Apalagi saat ini, Kementerian Pariwisata menargetkan 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanah Air, dan Parigi Moutong akan membantu untuk mencapai target tersebut.
 
Para seniman Spanyol belajar tari tradisional Pamonte di Parigi, Senin (13/8) (Antaranews Sulteng/Humas Pemda Parimo) (Antaranews Sulteng/Humas Pemda Parimo/)

Baca juga: Konser Vincolas ramaikan pembukaan Vuladongga Indonesiana
Baca juga: Ribuan masyarakat palu nikmati konser orkestra spanyol
Baca juga: Seniman Spanyol belajar tari Pamonte di Parigi


"Kami akui sejauh ini sektor pariwisata belum terkelola baik, ke depan kami upayakan pembangunan sektor pariwisata akan lebih baik lagi," katanya.

Selama berada di Kota Parigi, para personel orkestra Spanyol ini sangat menikmati persembahan atraksi budaya yang ditampilkan warganya, begitu sebaliknya masyarakat antusias menyaksikan konser yang mereka tampilkan.

"Momen-monen seperti ini kita manfaatkan untuk menarik minat wisatawan berkunjung di Parigi Moutong," ujarnya.

Sejauh ini objek wisata yang sering dikunjungi wiatawan mancanegara di daerah itu yakni wisata bahari, karena Teluk Tomini dinilai memiliki terumbu karang yang indah dan berbagai sepesies biota laut lainnya. 

Sejumlah lokasi penyelaman di Parigi memiliki keunikan masing-masing, hal ini membuat sejumlah wisatawan berminat mengeksplorasi kekayaan bawah laut Teluk Tomini, bahkan pemerintah telah menyediakan paket perjalanan wisata 2-3 hari kepada wisatawan khususnya objek wisata bahari dan jaraknya pun relatif dekat dengan ibu Kota Kabupaten.

"Industri pariwsata salah satu sektor berpengaruh dan bisa memberikan sumbangsih kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD)," tuturnya.
 
Para seniman Spanyol tampak sukacita saat mengunjungi sebuah sekolah dasar di Parigi, Senin (13/8) (Antaranews Sulteng/Humas Pemda Parimo) (Antaranews Sulteng/Humas Pemda Parimo/)
Pewarta :
Editor: Muhammad Hajiji
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar