Upacara HUT Kemerdekaan di Luwuk ditandai penyerahan bantuan BUMN

id BHUN,Luwuk,Wika,BUMN

Upacara HUT Kemerdekaan di Luwuk ditandai penyerahan bantuan BUMN

Dirut PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk, Tumiyana saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada penerima bantuan dari Kabupaten Donggala usai memimpin upacara bendera HUT ke-73 Kemerdekaan RI yang diselenggarakan kalangan BUMN di Luwuk, Sulteng, Jumat (17/8) . (Antaranews Sulteng/ Steven Pontoh)

Luwuk  (Antaranews Sulteng) - Direktur Utama PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk bersama Dirkeu Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), Dirkeu PT.Biro Klasifikasi Indonesia dan pejabat Kementerian BUMN, menyerahkan secara simbolis bantuan-bantuan BUMN untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat di Sulawesi Tengah, usai mengikuti upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI oleh jajaran BUMN di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Jumat.

Bantuan-bantuan yang diserahkan secara simbolis kepada perwakilan pemerintah daerah itu tersebar di Kabupaten Donggala, Sigi, Banggai dan Kota Palu.

Di Kabupaten Donggala, bantuan dari tiga BUMN yakni Wika, Airnav dan BKI itu berupa elektrifikasi 45 rumah di Desa Lalundu, Kecamatan Rio Pakava serta renovasi MCK di SMK Negeri 1 Banawa sebanyak 3 unit. 

Kemudian untuk Kabupaten Sigi, ada renovasi MCK di SMAN 3 sebanyak tiga unit dan bantuan air bersih sebanyak satu unit. Sementara untuk Kota Palu ada renovasi MCK di SMK Yapeaku sebanyak 2 unit, SMK Swadaya sebanyak 2 unit, SMAN 8 sebanyak 2 unit, serta renovasi gedung perpustakaan SMAN 8 Palu. 

Untuk Kabupaten Banggai, bantuan yang diberikan berupa renovasi MCK di RTH Teluk Lalong, pemasangan lampu dekorasi dan jalan di RTH Teluk Lalong, perbaikan kabel bawah air untuk semboyan I Love Luwuk, pemberian bantuan tempat sampah sebanyak 10 unit di RTH Teluk Lalong, dan terakhir untuk pengecatan kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Banggai.

Kepada sejumlah media, Dirut PT. Wika Tumiyana memaparkan bahwa upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2018 yang dilaksanakan jajaran BUMN di Luwuk itu juga dilaksanakan di seluruh provinsi di Tanah Air guna menumbuhkan rasa nasionalisme anak bangsa. 

Selain itu, BUMN juga hadir sebagai badan usaha milik pemerintah yang ikut berpartisipasi dalam pembangunan bangsa melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

"Jadi hari ini adalah puncak upacara. Semua BUMN di seluruh Indonesia ikut mewakili upacara bendera ini. Ini merupakan representasi dari BUMN Hadir untuk Negeri (BUHN). Jadi selain upacara, BUMN juga hadir dengan memberikan bantuan sebagai program CSR,” paparnya.
 
Foto bersama Dirut PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk, Tumiyana (kedua kiri), Dirkeu Airnav Indonesia, Dirkeu PT. Biro Klasifikasi Indonesia , pejabat Kementerian BUMN serta para penerima bantuan BUMN usai upacara bendera HUT ke-73 Kemerdekaan RI yang diselenggarakan kalangan BUMN di Luwuk, Sulteng, Jumat (17/8) . (Antaranews Sulteng/ Steven Pontoh)

Baca juga: 23 siswa Sulteng ikut program Siswa Mengenal Nusantara ke Babel (vidio)
Baca juga: Siswa asal Bangka Belitung kagumi keindahan Kota Palu

Terkait bantuan elektrifikasi, Tumiyana mengemukakan, masyarakat kurang mampu di wilayah Sulawesi Tengah sejatinya memiliki kemampuan untuk membayar tagihan listrik perbulannya namun belum mampu membayar biaya pasang listrik sehingga dikucurkan bantuan elektrifikasi tersebut.

Ia menjelaskan, program BHUN sudah berjalan sejak 2015, namun upacara seperti ini di Kabupaten Banggai, baru pertama kali dilaksanakan.

"Harapan kita upacara ini dapat menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap negeri. Kedua, kita melihat ke wilayah-wilayah yang masih kekurangan, dan melalui program BHUN, BUMN-BUMN yang ditunjuk oleh Kementerian BUMN di setiap provinsi melakukan perbaikan-perbaikan fasilitas di beberapa wilayah. Belum semua, tapi pada saatnya nanti akan terlihat bahwa kita telah melakukan banyak hal untuk negeri ini," tuturnya.

Tumiyana mengungkapkan program BHUN tidak hanya menyasar pada sektor energi, namun ada pula sektor infrastruktur, pertanian hingga sektor keuangan. 

Ia mencontohkan untuk program infrastruktur yang dilakukan oleh PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk seperti di wilayah Sulawesi Selatan terdapat program pembangunan irigasi dan bendungan, di Sulawesi Utara ada pembangunan jalan tol.

PT. Wijaya Karya oleh Kementerian BUMN ditunjuk menjadi PIC kegiatan BHUN di Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2018 bersama Perum LPPNPI (Airnav Indonesia) dan PT.Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai co. PIC.

Dalam upacara yang diikuti ratusan karyawan BUMN di Kota Luwuk itu, Dirut Wika didampingi Direktur Keuangan Perum LPPNPI (Airnav Indonesia) Hendroyono dan Direktur Keuangan PT. Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) Timbul Tambunan serta pejabat dari Kementerian BUMN Sandra Firmania.