FPTI Parigi kibarkan bendera merah putih di tebing

id bendera,FPTI,parimo

FPTI Parigi mengibarkan bendwera merah putih untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI di tebing batu Desa Uevolo, Parigi, Jumat (17/8) (Antaranews Sulteng/Ridwan)

Parigi (Antaranews Sulteng) - Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan RI sebagai wujud rasa cinta mereka terhadap Tanah Air dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, misalnya, melaksanakan upacara pengibaran bendera di tebing Desa Uevolo, Jumat. Bendera merah-putih dikibarkan di tebing batu sepanjang delapan meter.

Sekretaris FPTI Parigi Moutong Sudirman, Jumat, di Parigi Mengatakan pelaksanaan upacara pengibaran bendera sebagai bentuk penghargaan terhadap para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan.

"Kami sebagai anak bangsa memiliki kewajiban menjaga kedaulatan negara, sehingga dimomen ini kami juga melaksanakan upacara bendera secara sederhana," ungkap Sudirman.

Upacara Hut ke-73 Repubik Indonesia diselenggarakan organisasi olahraga alam bebas itu cukup unik, sebab pengibaran bendera berada diatas tebing setinggi 75 meter.

Dimana petugas pengibar bendera itu tidak menggunakan pakaian layaknya pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka), mereka menggunakan alat khsus pemanjat tebing saat mengibarkan bendera.

Dari ketinggian mereka turun menggunakan tali denga tekni 'repling'sambil membawa bendera merah putih beriringan dengan lagu Indonesia Raya. 

Sudirman menjelaskan pengibaran bendera merah putih itu sudah dilakukan sejak tiga tahun terakhir di tempat yang sama dengan ukuran bendera yang dikibarkan sepanjang delapan meter.

"Peserta upacara bukan hanya anggota FPTI, tetapi juga puluhan orang dari perwakilan lembaga pecinta alam berbagai daerah di Sulteng  dan pelaksanaanya pun tidak semeriah yang dilaksanakan pemerintah, kami menggelarnya secara sederhana saja tapi penuh hikmat," ucap pengurus KONI Parigi Moutong itu.

Ia menuturkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pihaknya itu bukan hanya seremoni belaka, tapi ada makna yang terkandung di dalamnya, nilai-nilai kebangsaan yang luhur dan perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan tersirat di dalamnya.

Rencanaya, kata dia, kegiatan itu akan dilaksanakan setiap tahun meperingati dan selanjutnya bendera yang dikibarkan akan lebih besar diri yang sekarang, hanya butuh sponsor agar acar ini lebih menarik. 

 
FPTI Parigi mengibarkan bendwera merah putih untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI di tebing batu Desa Uevolo, Parigi, Jumat (17/8) (Antaranews Sulteng/Muh. Ridwan)
Pewarta :
Editor: Fauzi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar