Sinergi 3 BUMN berikan sembako murah di Sigi

id BHUN,Airna,Sigi,padat karya

Sinergi 3 BUMN berikan sembako murah di Sigi

Suasana pembukaan kegiatan padat karya berupa bersih-bersih lingkungan dan pembagian sembako murah dalam rangka BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) di Desa Kalukubula, Kabupaten Sigi, Sabtu (18/8) (Antaranews Sulteng/Doc.BHUN)

Palu (Antaranews Sulteng) - Memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan RI, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, bersinergi dengan AirNav Indonesia dan PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) selaku PIC dan co-PIC kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) di Sulawesi Tengah menyelenggarakan kegiatan padat karya tunai berupa bersih-bersih lingkungan di sekitar kantor Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu.

Sehari sebelumnya, warga lokal yang terlibat dikumpulkan di kantor desa untuk diberikan pengarahan dan pelatihan terkait kegiatan tersebut.

Setelah dibuka secara resmi oleh Kepala Cabang Pembantu AirNav Indonesia Kota Palu Indriyawan P.Nugroho selaku perwakilan dari 3 BUMN PIC dan Co-PIC BHUN Sulteng serta Kepala Desa Kalukubula, Ahlan Adjlan, tidak kurang dari 300 orang warga setempat ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang merupakan bagian dari perayaan HUT RI ke-73 ini. 

Berbekal alat-alat yang disiapkan oleh panitia, warga pun antusias menyingkirkan rumput liar dan sampah yang mengotori sepanjang jalan di desa mereka. 

Kegiatan positif ini juga mendapat dukungan dari TNI yang ikut membantu warga membersihkan lingkungan mereka. 

Baca juga: Upacara HUT Kemerdekaan di Luwuk ditandai penyerahan bantuan BUMN

Usai bersih-bersih lingkungan, peserta tampak antre menukarkan kupon untuk mendapatkan paket sembako murah senilai Rp100.000,- tapi dengan harga Rp25.000,-. 

Satu paket sembako berisi beras 5 kg, minyak goreng 1 liter dan gula pasir kilogram. 

Sebelum dibagikan kepada warga penerima, paket sembako murah diserahkan secara simbolis oleh Indriyawan P. Nugroho kepada salah satu warga penerima.

Salah seorang warga menuturkan bahwa dirinya merasa sangat bahagia mendapat perhatian yang luar biasa dari BUMN. 

"Wah, nggak nyangka di desa kami bisa didatangi oleh BUMN dan bahkan memberikan kesempatan kerja bagi kami meski cuma satu hari. Ini sangat berarti bagi kami. Kami juga sangat berterima kasih kepada BUMN yang sudah menyediakan sembako murah. Ini cukup meringankan beban kami," tambahnya. 

Program Padat Karya Tunai (PKT) merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang tidak memiliki keterampilan kerja. 

Masyarakat yang ikut serta dalam program PKT akan mendapatkan bayaran secara tunai setelah kegiatan selesai dilaksanakan.
Warga Desa Kalukubula, Kabupaten Sigi, peserta program padat karya berupa bersih-bersih lingkungan dalam rangka rangka BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) membersihkan lingkungan desa mereka, Sabtu (18/8) (Antaranews Sulteng/Doc.BHUN)