Pasar hewan kurban di Palu mulai ramai

id sapi

Pasar hewan kurban di Palu mulai ramai

Ilustrasi--Sapi Kurban harus bersertifikat sehat (FOTO ANTARA/Andreas Fitri Atmoko)

Palu, (Antaranews Sulteng) - Pasar hewan kurban di Kota Palu dan Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah menjelang hari raya Idul Adha mulai terlihat ramai melakukan transaksi jual-beli ternak kurban.

Misalkan di rumah pemotongan hewan (RPH) di Palu, Ibu Kota Sulawesi Tengah, Minggu para pembeli hewan kurban tawar- menawar dengan pedagang sapi dan kambing.

Sejumlah pedagang mengaku pembeli bukan hanya datang dari Palu, tetapi juga daerah tetangga yakni Kabupaten Donggala dan Sigi.

Syahril seorang pedagang mengatakan menjelang hari raya Idul Adha, pembeli datang datang untuk membeli sapi dan kambing kurban cenderung meningkat.?

Harga sapi bervariasi antara Rp8 juta sampai Rp30 juta/ekor sesuai dengan beratnya.

Sementara harga kambing berkisar Rp750 ribu sampai Rp3 juta/ekor, juga sesuai dengan beratnya.

"Ya lumayan ramai permintaan hewan kurban," kata dia.

SYahril mengatakan hanya menyediakan sapi untuk dijual kepada konsumen. Selama ini, kata dia, hewan yang dijual dibeli dari petani yang ada di sejumlah kabupaten di Sulteng.

"Saya biasanya membeli hewan sapi langsung ke daerah-daerah produsen di Sulteng seperti Kabupaten Banggai, Sigi dan Donggala," kata dia.

Dia enggan merinci penghasilannya dari bisnis tersebut, kecuali mengatakan cukup lumayan baik untuk kebutuhan hidup keluarga, termasuk biaya sekolah anak.

Usaha itu sudah dilakukannya puluhan tahun. Ayahnya (sudah almarhum)juga pedagang sapi."Jadi usaha ini sudah turun-temurun," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Ruli, seorang pedagang hewan kurban di kawasan pasar Biromaru, Kabupaten Sigi. Ia juga membenarkan ?menjelang hari raya permintaan hewan kurban, khususnya sapi meningkat dari sebelumnya.

Sapi yang dijualnya, semua berasal dari petani di Kabupaten Sigi. "Ya sapi yang diperjual-belikan, semuanya sapi jantan," katanya.

Untuk sapi betina dilarang oleh pemerintah untuk disembeli karena dapat menurunkan tingkat populasi ternak yang pada 2021 diharapkan bisa mencapai satu juta ekor.

Harga daging sapi segar dijual para pedagang di Palu berkisar Rp110.000/kg dan daging ayam potong Rp28.000/kg. Daging sapi beku dijual di pasar modern Rp80.000/kg dan daging kerbau beku dijual Bulog Sulteng di rumah pangan kita (RPK) Rp80.000/kg.