DPRD Palu dorong akuisisi PDAM Donggala

id PDAM,palu,Donggala,air,minum

DPRD Palu dorong akuisisi PDAM Donggala

Suasana rapat anggota DPRD Kota Palu membahas RKA untuk APBD Perubahan 2018 (Antaranews Sulteng/Arsyandi)

Palu (Antaranews Sulteng) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palu mendukung Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kota setempat untuk mengambil alih seluruh pelanggan PDAM Donggala di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu.

Anggota Komisi C DPRD Palu Armin pada rapat Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) untuk APBD Perubahan Kota Palu tahun anggaran 2018 dengan PDAM Palu Senin mengatakan DPRD Palu berharap PDAM Palu dapat mengakuisisi semua pelanggan PDAM Donggala di Palu.

"Kita berharap agar PDAM Donggala bersedia menyerahkan semua pelanggan air minumnya yang berada di Palu kepada PDAM Palu. Kita berupaya agar rencana tersebut berhasil," kata Armin di sela-sela rapat Rencana Kerja dan Anggaran dengan perusahaan daerah Kota Palu.

Armin mengatakan Komisi C bersama PDAM Kota Palu berencana bertemu dengan Manajemen PDAM Donggala dan Bupati Donggala Kasman Lassa untuk membicarakan tentang rencana tersebut.

PDAM Palu lanjut Armin sudah siap jika nantinya bupati dan PDAM Donggala bersedia melepas dan menyerahkan semua pelanggannya di ibu kota provinsi Sulawesi Tengah itu ke tangan PDAM Kota Palu.

PDAM Donggala di Kota Palu beroperasi sebelum Ibukota Kabupaten Donggala pindah ke Banawa. 

Setelah ibu kota pindah, sejumlah aset Pemerintah Kabupaten Donggala telah diserahkan ke Pemkot Palu, kecuali aset-aset strategis seperti PDAM.  

"Kebanyakan pelanggan PDAM Donggala berada di Kecamatan Palu Barat dan Tatanga diantaranya di Kelurahan Pengawu, Kelurahan Palupi, Kelurahan Baliase dan Kelurahan Tavanjuka," jelas Armin. 

Dalam rapat RKA lanjut Armin, Komisi C menyetujui anggaran untuk PDAM Palu pada APBD Perubahan tahun 2018 sebanyak Rp6 miliar. 
Nantinya anggaran itu akan digunakan untuk biaya operasional dan belanja pegawai serta peningkatan produksi air munim di peruhaan daerah Kota Palu itu.