Polda Sulteng berqurban 179 ekor ternak

id POLDA,IDUL ADHA,QURBAN.

Polda Sulteng berqurban 179 ekor ternak

Irwasda Polda Sulteng Kombes Pol Aris Syarif Hidayat menterahkan secara simbolis seekor sapi qurban kepada panitia penyembelihan hewan qurban Polda Sulteng (Antaranews Sulteng/Istimewa)

Palu (Antaranews Sulteng) - Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng), hari Kamis, memotong dan membagikan daging qurban kepada masyarakat berupa 179 ekor hewan untuk memperingati Hari Raya Idul Adha 1439 H.

Hewan Qurban itu terdiri atas 116 ekor sapi dan 63 ekor kambing, yang terebar di Mapolda Sulteng 25 ekor Sapi dan 20 ekor Kambing.

Sementara Polres-polres yang berkurban adalah Polres Donggala tujuh ekor sapi dan 13 ekor kambing, Polres Morowali 16 ekor sapi dan empat ekor kambing, Polres Banggai, lima  ekor sapi dan empat kambing, Polres Parimo limas Sapi, Polres Touna sembilan sapi, Polres Buol lima sapi.

Polres Tolitoli memotong qurban 17 ekor sapi dan delapan kambing, Polres Sigi empat ekor sapi dan  dua ekor kambing, Polres Palu 11 ekor sapi dan tiga kambing, Polres Poso enam ekor sapi dan empat  kambing dan Polres Bangkep enam ekor sapi dan lima ekor kambing.
 
Di Mapolda sendiri sebelum penyerahan hewan qurban terlebih dahulu menggelar sholat Idul Adha 1439 Hijriah di halaman Mapolda Sulteng, yang dihadiri Irwasda Polda Sulteng, Kombes Pol. Aries Syarief Hidayat mewakili Kapolda Sulteng yang dihadiri seluruh pejabat utama (PJU) dan para personel Polda Sulteng, serta masyarakat sekitar Mapolda Sulteng.

Bertindak sebagai imam yaitu Ustadz Zainal Fadli Lapahidi, S.Pdi,  dan khotib Ustadz Haidar Siraju, S.Ag. 

Dalam ceramahnya, Ustadz Haidar menyampaikan kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS yang mengandung nilai luhur yang sangat baik untuk menjadi pedoman hidup seluruh umat Islam.

Sebelum berakhirnya pelaksanaan sholat Idul Adha 1439 Hijriah, khotib membacakan doa untuk seluruh umat dan para pemimpin Bangsa Indonesia, dan dilanjutkan dengan saling maaf memaafkan.

Usai sholat Idul Adha, seluruh pejabat dan personel Polda Sulteng beserta masyarakat sekitar Mapolda Sulteng menuju lapangan parkir di  belakang Mapolda Sulteng untuk mengikuti penyembelihan hewan qurban.

Penyembelihan ini diawali dengan penyterahan secara simbolis satu ekor sapi kepada panitia penyembelihan hewan qurban oleh Irwasda Polda Sulteng Kombes Pol. Aries Syarief Hidayat.

Sedikitnya 500 warga kurang mampu mendapatkan daging qurban dari Mapolda Sulteng tersebut.
 
Suasana shalat Idu s Adha di Mapolda Sulteng (Antaranews Sulteng/Istimewa)