Pedayung Sulteng berlaga di nomor ropwing Asian Games

id dayung, asian games, rio

Peserta lomba dayung Perahu Naga saling adu kecepatan dalam lomba yang digelar di Pantai Teluk Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (28/9). Lomba yang diikuti sejumlah klub dayung itu digelar dalam rangka perayaan Festival Teluk Palu (FTP) 2014, sekaligus memperingati HUT KE-36 Kota Palu. (ANTARAFoto/Nanang)

Palu (Antaranews Sulteng) - Atlet andalan Sulawesi Tengah Rio Rizki Darmawan dipastikan ikut berlaga bersama atlet nasional lainnya di nomor rowing putra untuk memperebutkan medali emas Asian Games 2018 di Jakarta.
   
Ketua Umum KONI Sulteng Anwar Ponulele,Jumat, membenarkan Rio satu-satunya atlet Sulteng yang masuk dalam tim inti tuan rumah Indonesia di Asian Games 2018 yang sedang berlangsung di Jakarta dan Palembang.
   
"Hari ini final nomor rowing putra akan diperlombakan untuk memperebutkan medali emas dan kita berharap tim Merah Putih akan tampil sebagai juara pada nomor itu," katanya.
   
Untuk nomor rowing yang finalnya dilakukan hari ini, salah satu dari delapan atlet tersebut adalah berasal dari Provinsi Sulteng.

Rio merupakan atlet yang selama ini dibina melalui PPLP (Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar) Pemprov Sulteng.

Ia mengatakan segudang pengalaman dan prestasi telah diukir oleh lelaki kelahiran Kecamatan Kulawi di Kabupaten Sigi.

Pemerintah dan masyarakat Sulteng, bahkan seluruh bangsa Indonesia sangat berharap, Rio dkk yang berlomba di nomor rowing bisa tampil sebagai juara dan  mempersembahkan medali emas bagi tuan rumah.

"Mari kita bersama-sama berdoa agar Rio dkk diberi kekuatan ekstra saat berlomba memacu perahu menjadi yang terdepan dan tercepat menyentuh garis finis pada final nomor rowing putra," ajak Anwar Ponolele.
  
Dia juga menambahkan pada pelaksanaan Asian Games kali ini, tercatat ada sejumlah atlet Sulteng yang memperkuat tim tuan rumah Indonesia.

Selain Rio Rizki Darmawan di cabang dayung, ada pula dua atlet sepaktakraw putri yakni Akiko dan Nikita dan satu atlet lainnya dari cabang taekwondo.
  
Namun ketika atlet Sulteng tersebut sudah selesai bertanding dan gagal mempersembahkan medali bagi kontingen Indonesia.
 
Meski demikian, mereka merupakan anak-anak bangsa yang patut diberi apresiasi karena telah berjuang, sekalipun belum berhasil mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia di Asian Games kali ini.

Keempat atlet Sulteng itu, kata Anwar dipersiapkan untuk membela kontingen Sulteng di PON XX Papua/2020.
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar