Program Polri disosialisasikan kepada nakhoda kapal di Tojo Unauna

id Polres Touna,ampana

Program Polri disosialisasikan kepada nakhoda kapal di Tojo Unauna

Suasana sosialisasi 6 Quick Wins Polri kepada nakhoda dan ABK kapal serta buruh pelabuhan di Kota Ampana, Sabtu (1/9) yang dibawakan Kapolres Touna AKBP Boyke Karel Watimena (Antaranews Sulteng/Sulapto Sali)

Ampana (Antaranews Sulteng) – Program enam Quick Wins Polri yaitu polisi sebagai pengerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik disosialisasikan kepada nahkoda kapal seperti kapten, ABK serta buruh di Desa Labuan Ampana, Kecamatan Ratolinto, Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, Sabtu.

Kapolres Touna AKBP Boyke Karel Wattimena mengatakan sosialisasi tentang program Polri ini dilakukan di kalangan para awak kapal kapten, ABK maupun buruh pelabuhan bertujuan untuk terciptanya Kamtibmas dan upaya antisipasi menghindar terjadinya hal-hal yang tidak diiginkan.
 
“Yang menjadi perhatian dan penekanan saya pertama untuk para kapten kapal penumpang, saya menghimbau untuk mengutakaman keselamatan penumpang," katanya, Sabtu.

Mantan Kasubdit I Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Nusa Tenggara Barat ini mengatakan para kapten, ABK kapal harus memperhatikan kelengkapan keselamatan berlayar dan tidak mengangkut penumpang atau barang yang berlebihan agar terhindari dari kecelakaan.

“Ada banyak kejadian kecelakaan di laut karena kapten dan ABK tidak mentaati aturan  dengan memuat muatan melebihi kapasitas kapal. Makanya kegiatan hari ini supaya bisa menjadi pelopor tertib mulai dari diri kita,” tegasnya.

Begitu juga para buruh angkutan pelabuhan kata Kapolres Touna, untuk tidak melakukan penarikan tarif jasa yang berlebihan diluar dengan kesepatan yang sudah ditetapkan.

“Jangan ada pungutan atau penarikan tarif jasa yang berlebihan apalagi sampai memaksa. Itu tidak boleh,” tegasnya.

“Kehadiran kami di sini mengajak kita semua untuk bersama menjaga kamtibmas di pelabuhan ini maupun saat berlayar di laut. Apabila mengetahui adanya tindakan kejahatan seperti miras, narkoba dan bom ikan maupun bius segera laporkan kepada kami,” himbaunya.

“Acara sosialisasi itu dihadiri puluhan Kapten, ABK dan puluhan buruh pelabuhan Desa Labuan. Sosialisasi ini adalah bagian dari program kerja kami Sat Pol. Airud Touna,” tambah IPTU Recky PH Moniung, Kasat Pol. Airud Touna.

"Kami berharap kegiatan seperti yang dilakukan oleh Kepolisian ini bisa sering-sering dilakukan karena ini sangat bermanfaat bagi kami semua, dan kegiatan ini sangat kami apresiasi karena ini sangat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Rustam  Syahabuddin Thalib, Kepala Desa Labuan.