Aksi keselamatan transportasi darat dipusatkan di palu

id jalan,transportasi

Aksi keselamatan transportasi darat dipusatkan di palu

Kepala BPTD Wilayah XX Sulteng, Hasan Bisri (tiga dari kanan) (www.sulteng.antaranews.com/Muh. Arsyandi)



Palu, (Antaranews Sulteng) -  Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XX Sulawesi Tengah akan melaksanakan kegiatan aksi keselamatan transportasi darat yang dipusatkan di di Kota Palu, 17-22 September 2018 mendatang.



Kepala BPTD Wilayah XX Sulteng, Hasan Bisri di Palu, Minggu, mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat, pengendara dan pengambil kebijakan di Sulteng, agar peduli dengan keselamatan di jalan, terutama keselamatan dari kecelakaan yang disebabkan kelalaian diri sendiri.



"Kegiatan nasional ini diselenggarakan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementarian Perhubungan," ujar Hasan.



Menurut Hasan, bukan tanpa sebab aksi keselamatan transportasi darat itu penting dilaksanakan di ibu kota Provinsi Sulteng, karena penyebab utama kecelakaan di jalan, disebabkan kelalaian pengendara selaku pengguna jalan.



Hasan menyebutkan 90 persen kecelakaan di jalan disebabkan oleh kelalaian pengguna jalan, yang meliputi pengendara roda dua atau roda empat dan pejalan kaki yang melintas.



"Program nasional ini bertujuan menekan angka kecelakaan di jalan. Di kegiatan ini, masyarakat dan pengguna jalan lain kita ajak untuk peduli dengan diri sendiri dan orang lain," ujarnya.



Dalam kegiatan itu kata Hasan, pihaknya akan menyosialisasikan keselamatan di jalan, yang meliputi cara dan sikap saat berkendara, surat-surat kendaraan yang harus dilengkapi serta kriteria kendaraan yang layak dan tidak layak dikendarai.



Selain sosialisasi keselamatan berkendara di jalan, berbagai kegiatan seperti aksi simpatik di area publik, lomba mewarnai tingkat PAUD sederajat, lomba puisi, pertandingan futsal, lomba vokalis dan jalan sehat ikut memeriahkan kegiatan tersebut.