PLN: Tungakan listrik di palu Rp35 miliar

id pln,listrik,palu

PLN: Tungakan listrik di palu Rp35 miliar

Manager PT. PLN (Persero) Area Palu Abbas Saleh (Antaranews Sulteng/Arsandi)

Kondisi pendapatan saat ini bisa dikatakann sangat kritis
Palu, (Antaranews Sulteng) - Manager PT PLN (persero) area Palu, Abas Saleh menyatakan hingga akhir Agustus 2018, tunggakan listrik pascabayar di Kota Palu sebesar Rp35 miliar atau sekira 69,5 persen dari omset.

"Kondisi pendapatan saat ini bisa dikatakann sangat kritis, mengingat omset tagihan rekening listrik  pascabayar bulan Agustus 2018 sekitar Rp50 miliar, belum mencapai setengah dari target," ungkap Abas dalam keterangan tertulisnya, Senin.

Abas menjelaskan, dari jumlah yang menunggak, terdapat sekitar 48.177 pelangan belum membayar tagihan listrik. Sehingga pembayaran tunggakan kelistrikan baru terealisasi sekitar Rp20 milar lebih.

Menurut Abas, jika kondisi itu terus terjadi, PLN sulit melakukan investasi untuk pengembangan jaringan kelistrikan.  

Ia menghimbau, bagi pelanggan yang belum membayar tagihan listrik, secepatnya melunasinya, karena sangat berdampak pada pembiayaan kelistrikan di Palu dan sekitarnya.

"kami mohon kepada seluruh pelanggan PLN, agar membantu meningkatkan pelayanan dengan membayar tagihan listrik tepat waktu," harap Abas.

Baca juga: 47 ribu pelanggan listrik di Palu menunggak

Kata dia, PLN sebagai BUMN yang dipercayakan pemerintah pusat menangani pengelolaan kelistrikan, selain harus menjaga ketersediaan pasokan listrik yang sudah dinikmati pelanggan saat ini, PLN juga berkewajiban melistriki daerah-daerah yang belum dialiri jaringan listrik.

"Jika tunggakan listrik semakin meningkat, maka kami akan kesulitan melakukan investasi, baik untuk peningkatan pelayanan maupun untuk melistriki masyarakat yang belum menikmati listrik," jelas Abas.

Hingga Agustus 2018, sebanyak lima desa di Kabupaten Donggala teraliri listrik yakni Desa Gimpubia, Donggara, Tawenggeli dan Desa Tomado terletak di Kecamatan Pinembani, serta Desa Palau di Kecamatan Balaesang Tanjung.

"Kecamatan Marwola Barat di Kabupaten Sigi, yang baru teraliri jaringan listrik Desa Soi. Kemudian, pihak PLN sedang dalam pelaksanaan pekerjaan melistriki desa di Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi," kata Abas.