Pemkab poso siap laksanakan penerimaan calon PNS

id ASN,CPNS,PNS,Poso

Pemkab poso siap laksanakan penerimaan calon PNS

(kiri ke kanan) Bupati Poso Darmin A. Sigilipu, Kakanwil BPN Sulteng Jonahar dan Kepala BPSDM Poso Yan Edwar Guluda menandatangani MoU pelatihan juru ukur tanah di Poso, Senin (12/2) (Antaranews Sulteng/Feri)

Poso, (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah menyatakan siap untuk melaksanakan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPN) yang akan digelar tahun 2018.

"Hari ini kami akan mendengarkan pembagian kuota PNS dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan)," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Reformasi Birokrasi (BKD-RB) Poso, Yan Guluda yang dihubungi, Kamis.

Di Kabupaten Poso kata Yan, usulan Pemkab Poso sekira 500 orang PNS yang akan dibutuhkan pemerintah. Usulan itu, disesuaikan dengan kemampuan APBD Poso.

"Saat ini di Poso, lebih besar pengeluaran ke pegawai dari Infrakstutur, makanya, kami hanya menerima 500 lebih PNS saja. Itu pun kalau disetujui," ungkap Yan.

Yan menjelaskan sesuai kebijakan pemerintah pusat, penerimaan PNS tahun 2018, diarahkan pada tiga sektor saja, yakni kesehatan, pendidikan dan infrakstutur. Sementara untuk honorer kategori dua (K2), sesuai keputusan Menpan, kebijakan pengangkatan menjadi PNS telah berakhir sejak dua tahun lalu.

"Jadi untuk K2, tidak ada lagi pengangangkatan khusus jadi PNS, disarankan untuk ikut tes umum CPNS," ujarnya.

Yan merencanakan tes penerimaan CPNS sekira bulan September 2018, dengan syarat pendidikan terendah diploma dan umur maksimal 35 tahun.