Bupati poso canangkan program germas

id Germas,Poso,Darmin

Bupati poso canangkan program germas

Bupati Poso Darmin Sigilimpu saat memukul gong menandai pencanangan Germas di lapangan Puselemba, Tentena, Poso, Jumat (7/9). (www.sulteng.antaranews.com/Feri Timparosa)

Germas adalah suatu tindakan sistematis
Poso, (Antaranews Sulteng) – Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu mencanangkan program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), di Tentena, Kecamatan Pamona Pusalemba, Jumat.

Bupati mengatakan Program Germas merupakan kampanye kesehatan dengan pentingnya membudayakan pola hidup sehat. Permasalahan kesehatan diakibatkan pola hidup yang tidak sehat, sehingga dapat dicegah dengan fokus untuk membiasakan perilaku hidup sehat.

“Sebenarnya perilaku hidup sehat itu sudah ada, namun perlu di dorong dengan hidup Germas,” ujar Darmin.

Menurut bupati, Program Germas tidak bisa hanya dukungan dari satu sektor saja, namun pemerintah, masyarakat dan unsur lainya harus memberikan dukungan gotong-royong untuk kemampuan cara hidup sehat

“Germas adalah suatu tindakan sistematis,” tegas bupati.

Kata Darmin, pelaksanaan Germas dimulai dari keluarga yang membentuk kepribadian. Jika masyarakat menginginkan hidup sehat, jangan merokok dan di atas usia 40 tahun memeriksa kesehatan secara rutin.

Baca juga: Suratno, salah seorang ASN inspiratif di Kabupaten Poso (vidio)

"Saya harap semua dapat memperaktekan pola hidup Germas, karena dengan itu, kita bisa hidup sehat dan juga sejalan dengan visi misi pemerintah, yang didukung dengan sumber daya handal,” kata bupati.

Bupati juga menghimbau agar program Germas, tidak hanya sampai di pencanagan saja, namun dapat diwujud nyatakan pada kehidupan sehari-hari dan penting juga dapat dikampanyekan kepada keluarga.

“Kepada seluruh camat dan lurah agar terus mendukung program Germas ini,” tandasnya.

Sementara itu pejabat mewakili Kadis Kesehatan Sulawesi Tengah, Ilham Sanusi mengatakan Kabupaten Poso tahun 2018 menjadi sala satu lokus program Germas. Dimana kata dia, tahun 2018, Germas akan dipusatkan pada tiga kabupaten, yakni Poso, Parigi Moutong dan Banggai Kepulauan.

Germas bertujuan agar masyarakat berperilaku hidup sehat, sehingga berdampak pada kesehatan yang terjaga.

Kegiatan itu, turut dihadiri Kepala bidang evalusi dan informasi pusat krisis kesehatan, Kementerian Kesehatan, drg kamaruzaman. Kepala Dinas Kesehatan Poso dr Taufan Karwur, Dandim 1307 Poso Letkol Dodi Tryo Hadi dan pegawai Puskemas se Kabupaten Poso.