UEFA didesak segera terapkan Var di Liga Champions

id uefa

UEFA didesak segera terapkan Var di Liga Champions

Logo UEFA (UEFA.com) (a)

Kita tidak bisa mundur, kami ingin VAR segera diadopsi di kompetisi-kompetisi UEFA secepatnya

Jakarta,  (Antaranews Sulteng) - Presiden Asosiasi Klub Eropa (ECA) Andrea Agnelli mendesak badan sepak bola Eropa, UEFA, untuk segera menerapkan asisten wasit video (VAR) di Liga Champions dan Liga Europa mulai musim depan.



"Kita tidak bisa mundur, kami ingin VAR segera diadopsi di kompetisi-kompetisi UEFA secepatnya," kata Agnelli saat menjadi pembicara utama dalam menutup konferensi ECA di Split, Kroasia, Selasa (11/9) setempat.



Menurut Agnelli dirinya sudah berbicara tentang hal tersebut kepada Presiden UEFA Aleksandar Ceferin, namun mereka harus terlebih dulu meminta persetujuan kepada 53 federasi sepakbola negara anggota serta persiapan untuk penerapan VAR.



"Kami sangat menghormati permintaan UEFA untuk memberi pelatihan yang perlu kepada para wasit agar tetap terjaga standard dari liga-liga yang sudah lebih dulu menerapkan VAR," ujar Presiden Juventus itu.



Salah satu liga yang sudah menerapkan VAR adalah Liga Italia, tempat klub yang dipimpin Agnelli berkompetisi, serta Liga Spanyol.



"Kami harap musim depan UEFA bisa menerapkan teknologi ini ke Liga Champions dan Liga Europa," katanya.



"Ketika Anda mulai menggunakan VAR dan melihat rentang kesalahan bisa dikurangi lima persen lagi, itu menjadi jalan yang harus Anda tempuh," ujar Agnelli menambahkan.



VAR digunakan dalam Piala Dunia 2018 di Rusia lalu dan sempat memicu berbagai kontroversi namun diklaim telah mengurangi tingkat kesalahan pengambilan keputusan-keputusan penting oleh wasit dalam sebuah pertandingan.