Spanyol lumat kroasia enam gol tanpa balas

id spanyol

Pemain Spanyol Marco Asensio merayakan gol ketiga mereka dengan Sergio Ramos (REUTERS/HEINO KALIS)

Jakarta, (Antaranews Sulteng) - Spanyol berhasil melumat Kroasia dengan melesakkan enam gol tanpa balas dalam laga lanjutan Divisi A Grup 4 UEFA Nations League di Stadion Martinez Valero, Elche, Spanyol, Rabu dini hari WIB.



Marcos Asensio menjadi bintang kemenangan Spanyol dengan mencetak satu gol serta terlibat dalam lima gol lainnya, dengan mencatatkan empat assist.



Saul Niguez, Rodrigo Moreno, Sergio Ramos dan Isco turut mencetak gol, sementara satu lainnya tercatat sebagai gol bunuh diri atas nama penjaga gawang Kroasia Lovre Kalinic.



Berkat kemenangan tersebut, Spanyol yang sudah meraih dua kemenangan, usai menundukkan Inggris 2-1 di laga pertama, untuk sementara memuncaki klasemen Divisi A Grup 4 dengan catatan enam poin.



Sementara sang runner-up Piala Dunia 2018 harus mengakrabi dasar klasemen sementara sebelum melakoni laga kedua mereka menghadapi Inggris sebulan dari sekarang.



Kekalahan itu sekaligus jadi kekalahan terburuk yang pernah diderita Kroasia sepanjang masa.



Spanyol yang keluar menyerang sejak awal laga membuka keunggulan pada menit 24 saat Niguez menanduk umpan silang kiriman Daniel Carvajal dari sayap kanan.



Sembilan menit berselang sebuah sambaran keras Asensio atas kesalahan sapuan barisan pertahanan menghujamkan bola ke sudut kanan atas gawang demi mengubah kedudukan menjadi 2-0 bagi Spanyol.



Dua menit kemudian, petaka Kroasia kian memburuk saat umpan silang Asensio malah membentur mistar gawang dan mengenai punggung Kalinic sebelum melesak ke dalam gawang sendiri membuat Spanyol kian tegas dalam keunggulan 3-0 atas sang tamu.



Turun minum dalam keunggulan tiga gol tak membuat serangan Spanyol mengendur di babak kedua. Baru empat menit babak kedua berjalan sebuah umpan terobosan yang dilepaskan Asensio berhasil disambut Rodrigo demi menyarangkan bola ke sudut kiri bawah gawang menaklukkan Kalinic dan membuat skor menjadi 4-0.



Pada menit 57 giliran sang kapten, Ramos, yang turut mencatatkan namanya di papan skor dengan memanfaatkan situasi sepak pojok demi menyundul bola kiriman Asensio.



Belum puas dengan keunggulan lima gol, Spanyol terus mengamuk dan memperbesar keunggulan menjadi 6-0 lagi-lagi lewat umpan Asensio, yang kali ini diselesaikan oleh Isco pada menit 70.



Spanyol hampir saja menutup pertandingan dengan gol ketujuh namun tendangan keras Thiago Alcantara berhasil dihalau Kalinic, dan bola muntah yang berusaha disambar dengan tendangan akrobatik Rodrigo malah membentur rekannya sendiri.



Kedudukan 6-0 untuk kemenangan Spanyol terpampang di papan skor saat peluit panjang tanda laga usai berbunyi.



Susunan pemain, seperti dikutip dari laman resmi UEFA: 



Spanyol (4-3-3): David de Gea; Daniel Carvajal (Cesar Azpilicueta), Nacho, Sergio Ramos, Jose Gaya; Saul Niguez (Thiago Alcantara), Sergio Busquets (Rodrigo), Dani Ceballos; Marco Asensio, Rodrigo Moreno, Isco



Pelatih: Luis Enrique



Kroasia (4-2-3-1): Lovre Kalinic; Sime Vrsaljko (Marko Rog), Matej Mitrovic, Domagoj Vida, Josip Pivaric; Ivan Rakitic, Marcelo Brozovic (Marko Pjaca); Mateo Kovacic, Luka Modric, Ivan Perisic; Ivan Santini (Marko Livaja)



Pelatih: Zlatko Dalic (G006).

Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar