KPU Donggala sosialisasikan pemilu kepada nelayan

id KPU Donggala

Komisioner KPU Donggala Bidang Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Nawir Pagessa. (Antaranews Sulteng/istimewa) (Antaranews Sulteng/istimewa/)

Donggala, Sulawesi Tengah, (Antaranews Sulteng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, mengharapkan forum warga menjadi wadah untuk menyosialisasikan Pemilu 2019 kepada masyarakat setempat, terutama kepada nelayan dan petani.

"Kami menginginkan agar petani dan nelayan dapat mengetahui tentang pemilu," kata Komisioner Bidang Sosisalisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Donggala, Nawir Pagessa, di Donggala, Jumat.

Ia mengakui bahwa forum warga menjadi salah satu bentuk pendekatan oleh KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Donggala pada Pemilu 2019.

Forum warga, menurut dia, adalah kumpulan beberapa warga dan keluarga, yang kemudian didatangi KPU Donggala untuk memberikan pemahaman tentang Pemilu 2019.

"Sosialisasi ini tidak dilakukan dalam bentuk formal, tetapi dalam bentuk non-formal. Jadi dimana ada rumah tangga dan keluarga yang berkumpul, di situ kami akan datang menyampaikan tentang pemilu," katanya.

KPU Donggala, kata dia, menginginkan warga atau pemilih di daerah tersebut memahami tahapan penyelenggaraan Pemilu 2019.

"Partisipasi para wajib pilih dalam Pemilu 2019, yaitu tidak sekedar datang menyalurkan hak pilihnya di TPS," katanya.

KPU Donggala menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 berjumlah 199.195 jiwa atau sekitar 80 - 85 persen. Jumlah tersebut meningkat bila dibandingkan dengan partisipasi pemilih pada Pilkada Donggala tahun 2018 yaitu 196.072 jiwa atau 77,04 persen.

Baca juga: KPU Donggala tetapkan 868 TPS pemilu 2019

 
Pewarta :
Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar