Gubernur Longki Djanggola terima Konjen Australia

id australia,gubernur,sulteng

Gubernur Sulteng Longki Djanggola (kiri) menerima kenang-kenangan berupa bumerang, senjata tradisional penduduk asli Australia, dari Konjen Australia di Makassar Richard Matthew di ruang kerja Gubernur Sulteng di Palu, Senin (17/9) (Antaranews Sulteng/Humprov Sulteng)

Palu (Antaranews Sulteng) - Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H Longki Djanggola, M.Si menerima kunjungan Konsul Jenderal Australia di Makassar Richard Mathew di ruang kerjanya pada Senin (17/9) dengan didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Irwan Lahace, M.Si.

Richard mengungkapkan bahwa kedatangannya adalah untuk mempererat hubungan Australia dengan Indonesia, khususnya dalam menjalin jaringan kerja sama dengan sebelas provinsi di kawasan timur Indonesia, salah satunya Sulawesi Tengah.

Menurut Richard, di antara kerja sama yang ingin dibangun adalah bidang perdagangan, investasi dan pendidikan.

Australia, katanya, di bidang pendidikan menyediakan berbagai beasiswa dan yang paling populer adalah beasiswa Australian Award.

Australia Award Scholarship ini setiap tahun dibuka pada awal Februari hingga akhir ?April, lalu dibuka kembali pada April hingga Juni untuk beasiswa Endeavour Scholarship and Fellowships. Sedangkan Indonesia menyediakan beberapa ragam beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), beasiswa Dikti, dan beasiswa Kementerian Agama.

Gubernur yang mengaku sudah beberapa kali mengunjungi Australia bahkan seorang putranya mengenyam pendidikan magister di negeri Kanguru itu menyatakan bahwa fasilitas di sana sangat mendukung bagi para mahasiswa Indonesia yang akan melanjutkan studinya.

"Di sana (Australia) kampus bagus dan sarana pendidikan lengkap. Kota-kotanya paling enak. Transportasi tidak susah. Udara tidak dingin-dingin amat," ujarnya.

Ia berharap kerja sama Indonesia-Australia ke depan akan semakin berkembang, termasuk dengan Provinsi Sulawesi Tengah. (Humas Pemprov Sulteng)
 
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar