Dolar AS melemah tertekan meningkatnya ketegangan perdagangan

id dolar

Dolar AS melemah tertekan meningkatnya ketegangan perdagangan

Dolar (Foto Antara/dok)

New York,  (Antaranews Sulteng) - Kurs dolar AS mengalami penurunan lebih dari 0,4 persen terhadap mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), tertekan kekhawatiran atas eskalasi sengketa perdagangan antara Amerika Serikat dan China.

Indeks dolar AS mencatat penurunan besar dalam perdagangan sesi sore Senin (17/8).

Pemerintah Amerika Serikat diperkirakan akan membuat pengumuman tentang perdagangan dengan China pada Senin malam waktu setempat, mungkin dengan pengenaan tarif baru, menurut Presiden Donald Trump.

Di sisi lain, sterling dan euro juga menguat terhadap dolar AS di tengah optimisme atas prospek kesepakatan Brexit dengan Uni Eropa.

Pembicaraan antara Uni Eropa dan Inggris tentang Brexit sedang dilakukan dalam semangat "kerja sama yang baik," Michel Barnier, kepala juru runding Uni Eropa tentang masalah ini, mengatakan pada Senin (17/9) seperti dikutip Reuters.

Inggris akan meninggalkan Uni Eropa pada 29 Maret 2019 tetapi belum ada kesepakatan keluar penuh telah tercapai. Laporan kemajuan tentang pertanyaan kunci perbatasan Irlandia juga membantu meningkatkan pound Inggris.

Sementara itu, mata uang "safe-haven" yen menguat terhadap greenback karena Amerika Serikat akan mengumumkan rencana terbarunya tentang tarif China setelah pasar tutup.

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, turun 0,45 persen menjadi 94,4990 pada akhir perdagangan.

Pada akhir perdagangan New York, euro naik menjadi 1,1685 dolar AS dari 1,1632 dolar AS di sesi sebelumnya, dan pound Inggris naik menjadi 1,3161 dolar AS dari 1,3066 dolar AS pada sesi sebelumnya.

Dolar Australia naik menjadi 0,7181 dolar AS dari 0,7165 dolar AS.

Dolar AS dibeli 111,87 yen Jepang, lebih rendah dari 112,01 yen Jepang pada sesi sebelumnya. Dolar AS turun menjadi 0,9623 franc Swiss dari 0,9668 franc Swiss, dan turun menjadi 1,3026 dolar Kanada dari 1,3031 dolar Kanada.