Harga pangan sulteng stabil dan stok cukup

id TPID, pangan,harga

Harga pangan sulteng stabil dan stok cukup

PENGENDALIAN HARGA BAHAN POKOK Pedagang menata daging ayam potong yang telah naik harganya di pasar induk Manonda, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (10/12). Pemerintah pusat menginstruksikan kepada pemerintah daerah agar mengaktifkan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk melakukan pemantauan sekaligus pengendalian harga menjelang hari raya Natal dan tahun Baru 2018 . ANTARASULTENG/Basri Marzuki/17

Palu, (Antaranews Sulteng) - Tim Pengendalian Inflansi Daerah (TPID) mengklaim bahwa harga berbagai jenis pangan untuk kebutuhan masyarakat di daerah itu hingga kini stabil dan stok cukup memadai.

Wakil Ketua TPID Provinsi Sulteng, Miyono di Palu, Kamis, mengatakan pemerintah di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota rutin melakukan pemantauan terhadap perkembangan harga berbagai kebutuhan masyarakat di pasaran setempat.

Kegiatan tersebut merupakan tugas dan tanggungjawab pemerintah melalui TPID di setiap kabupaten/kota untuk turun ke pasar-pasar tradisional maupun modern guna memantau kondisi stok maupun harga barang/bahan kebutuhan pokok.

Apalagi, kata dia, menghadapi hari raya Natal dan Tahun Baru, dipastikan permintaan masyarakat terhadap beberapa kebutuhan pokok dan lainnya meningkat. Biasanya, pedagang melakukan spekulasi dengan memanfaatkan kesempatan menaikan harga sepihak untuk mencari keuntungan.

Namun selama ini, kata dia, hal itu tidak terjadi karena selain stok memadai karena pasokan lancar. TPID yang beranggotakan beberapa dinas terkait dan BUMN rutin melaksanakan monitoring dan evaluasi.

Setiap turun ke pasar, satgas pangan di daerah juga ikut bersama-sama melakukan pemantauan.

Ia juga mengatakan Bulog Sulteng selama ini banyak membantu pemerintah daerah dalam menjaga stabilisasi harga pangan dengan menyediakan sejumlah komoditi pangan.

Bulog selain menyediakan beras, juga komoditas lain seperti minyak goreng, gula pasir, bawang putih, bawang merah, cabai dan telur ayam.

Jika terjadi gejolak harga, Bulog langsung melakukan intervensi pasar dengan melaksanakan operasi pasar.

Harga minyak goreng di pasaran Kota Palu saat ini berkisar Rp12.500/kg,gula pasir Rp12.500/kg, beras medium Rp9.450/kg, beras premium Rp12.500/kg, daging beku Rp80.000/kg, daging segar Rp110.000/kg dan daging kerbau Rp80.000/kg.

Berikutnya, bawang putih Rp25.000/kg, bawang merah Rp20.000/kg dan telur ayam Rp1.500/butir.