Poso dapat bantuan kapal penumpang dari Presiden Jokowi

id POSO,KAPAL PENUMPANG,WABUB SAMSURI

Poso dapat bantuan kapal penumpang dari Presiden Jokowi

KM Sabuk Nusantara II, kapal penumpang abru bantuan Presiden Jokowi untuk masyarakat Poso, Sulawesi Tengah, merapat di Dermaga Pelabuhan Poso, Kamis (27/9) dan diterima secara resmi oleh Wakil Bupati Poso Samsuri. (Antaranews Sulteng/Feri Timparosa)

Poso (Antaranews Sulteng) - Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, mendapat bantuan satu unit kapal laut penumpang dengan nama Sabuk Nusantara 102. 

Kapal yang merupakan bantuan Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Perhubungan itu sandar di pelabuhan Poso dan diterima Wakil Bupati Poso Samsuri, Kamis.

Wabub  Samsuri dalam sambutannya mengatakan kapal yang diberikan itu untuk mendukung pembangunan jalur tol laut. 

Dengan terbukanya jalur angkutan laut yang lebih lancar, akan mendatangkan manfaat untuk pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan pendapatan masyarakat. 

Dia mengharapkan sarana angkutan ini dapat dimanfaatkan seluruh masyarakat kabupaten Poso. 

"Kapal ini baru keluar dari pabrik, langsung dikirim ke Poso, Kita sambut baik, ini luar biasa," ujar Samsuri.

Sementara menurut Rizki yang mewakili Ditjen Perhubungan Laut, Kemenhub, kapal ini merupakan bantuan dari Joko Widodo untuk digunakan sebaik-baiknya bagi kesejahteraan rakyat.

Kepala Pelabuhan Poso Nurdin Usman mengatakan dengan adanya kapal baru itu, Kabupaten Poso saat ini memiliki tiga kapal yang akan beroperasi mengisi jalur-jalur angktuan laut yang penting. 

Sebelumnya Poso telah memiliki dua kapal yakni KM Sangian milik PT Pelni dan Perintis Narita. 

Kapal Sabuk Nusantara 102 yang berkapasitas 500 penumpang ini akan beroperasi melayani rute Poso - Kendari - Bau-bau (Sultra) mulai mulai Oktober 2018. Kapal akan berangkat dari Kota Poso setiap dua minggu sekali dengan harga tiket separuh lebih murah dari tarif biasa.

Kepala Bidang Perhubungan Laut Dishub Poso Okto Lembang mengatakan ruang-ruang kapal baru itu menggunakan pendingi udara (full AC).

Sedangkan untuk rute pelayaran masih akan dibahas dan kemungkinan masih bisa berubah sesuai kebutuhan.

Usai acara resmi penerimaan, Wabub Poso Samsuri dan seluruh undangan memasuki kapal untuk melihat dari dekat kondisi dan fasilitas sambil berlayar di Teluk Poso.