Pemprov tingkatkan kapasitas pengelola data gender-anak

id dp3a

Pemprov tingkatkan kapasitas pengelola data gender-anak

Arsip Foto, Kepala Bidang Data Gender dan Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulteng, Nova Nuzulyanti (kanan) (Foto Antara/dok)

...salah tujuan pelatihan untuk analisis data peran serta partisipasi masyarakat yakni agar dapat memberikan informasi tentang data terpilah gender dan anak...
Palu,  (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng)meningkatkan kapasitas penglola data gender dan anak, untuk kemudahan masyarakat mengakses dan pemberian informasi kepada masyarakat.

"Iya, salah tujuan pelatihan untuk analisis data peran serta partisipasi masyarakat yakni agar dapat memberikan informasi tentang data terpilah gender dan anak," ucap Kepala Bidang Data Gender dan Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulteng, Nova Nuzulyanti di Palu, Kamis.

Peningkatan kapasitas itu dilakukan lewat pelatihan peningktan dan analisis data peran serta partisipasi masyarakat, digelar oleh DP3A Sulteng melibatkan 35 peserta.

Ia menambahkan pelatihan itu untuk penajaman pelaksanaan program sinerji pemberayaan dan perlindungan anak dengan forum partisipasi publik untuk kesejahteraan perempuan dan perlindungan anak (PUSPA) di daerah.

Sekaligus, sebut dia mensinerjikan isu-isu prioritas terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak ke dalam rencana program dan kegiatan didaerah.

"Ini juga sekaligus pembentukan forum PUSPA di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala," lanjutnya.

Terkait hal itu Kepala DP3A Sulteng, Maya Malania Noor mengemukakan peran lembaga masyarakat dalam keterseiaan data sangat penting yaitu untuk memperkuat penyediaan data terpilah gender yang terpercaya dan akurat.

kemudian, tambah dia mengkoordinasikan unit-unit pengelola data, unit penelitian perencanaan dan unit pelaporan di eksternal dalam penyelenggaraan ketersediaan data terpilah.

Sebagai kelompok masyarakat yang berperan melalui pelaporan, pemantauan dan evaluasi atas ketersediaan dan penyelenggaraan data terpilah.

Juga, lanjutnya sebagai akses informasi dalam penyebarluasan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

DP3A Sulteng melibatkan Kementerian PPPA menggelar pelatihan peningktan dan analisis data peran serta partisipasi masyarakat yang pesertanya berasal dari DP3A kabupaten Donggala, Palu dan Sigi, organisasi masyarakat dan Forum PUSPA.