Enam jenazah ditemukan di longsoran desa Enu

id jenazah

Enam jenazah ditemukan di longsoran desa Enu

Arsip foto, Warga mencari jenazah kerabatnya di antara jenazah korban gempa yang dikumpulkan di halaman RS Bhayangkara, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018). BNPB merilis jumlah korban yang meninggal dunia akibat gempa dan tsunami yang melanda Kota Palu tercatat 420 orang hingga Sabtu (29/9) malam. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.) (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc./)

Ada empat orang yang terjebak dalam mobil dan dua orang yang mengendarai sepeda motor
Donggala,  (Antara) - Masyarakat Desa Enu, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, mengevakuasi temuan enam jenazah yang tertimbun longsor pascagempa bermagnitudo 7,4 pada skala Ritcher di daerah tersebut, Jumat (28/9).

"Ada empat orang yang terjebak dalam mobil dan dua orang yang mengendarai sepeda motor," kata Ismail salah seorang warga di sekitar lokasi penemuan jenazah, Minggu petang.

Menurut dia, sejak gempa terjadi, longsoran itu tidak pernah dibersihkan, hingga tercium aroma busuk disekitarnya.

Selain itu, longsoran tersebut juga memutuskan arus transportasi di jalur jalan trans Sulawesi dari arah Kabupaten Tolitoli menuju Kota Palu.

"Jumat (5/10) siang baru ada alat jenis eksavator yang selesai membersihkan longsoran itu dan menemukan jenazah tertimbun dibawah tanah," ujarnya.

Antara yang melintas di jalan tersebut, menemukan sisa rangka mobil jenis Avanza yang sudah rusak berat.

Sementara jenazah sudah dievakuasi oleh pihak keluarga, yang diketahui empat orang berasal dari Desa Tambu, Kecamatan Balasesang, Kabupaten Donggala dan dua orang berasal dari Kecamatan Tawaili, Kota Palu.

Pascagempa pekan lalu, jalur transportasi di kilometer 43 dari Kota Palu, tidak dapat dilalui kendaraan roda empat dan hanya dilalui kendaraan roda dua, dengan membayar uang jasa pembersihan Rp20 ribu, untuk masyarakat sekitar.

Sepanjang jalur jalan trans Sulawesi, terlihat puluhan rumah masyarakat rusak berat dan ringan akibat gempa, yang juga melanda wilayah Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

Hingga hari ke sembilan, jaringan listrik ?belum dilakukan perbaikan untuk ?daerah Donggala bagian Utara dari arah ?Kota Palu.

"Setiap malam masih gelap, listrik belum diperbaiki, sementara BBM semakin langka untuk menghidupkan mesin genset," keluh salah seorang warga Desa Batusuya, Kecamatan Sindue Tombusabora, Kabupaten Donggala.