Tolitoli pasok premium SPU di Donggala pascagempa

id bbm

Tolitoli pasok premium SPU di Donggala pascagempa

Arsip: Distribusi BBM (Foto Antara)

Donggala, (Antaranews Sultengpenuhnya pulih pascagempa bermagnitudo 7,4 pada skala Richter pada Jumat (28/9).

SPBU 74.94.314 milik PT Vega Putra Kaili di Desa Tondo, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, Minggu, mendapatkan pasokan Premium 16 ribu liter dengan pengawalan TNI bersenjata lengkap.

"Ini distribusi kedua," kata pengawas SPBU, Zaki.

Sebelumnya kata dia, SPBU telah mendapatkan pasokan 16 ribu liter premium dan 8 ribu liter solar, yang habis dalam sehari.

"Kami lakukan pengaturan, untuk antrean motor dan jerigen maksimal Rp20 ribu dan mobil maksimal Rp100 ribu," jelasnya.

SBPU, kata dia, memiliki kapasitas tangki penyimpanan premium 15 ribu liter, solar 22 ribu liter, pertamax 10 ribu liter dan pertalite 22 ribu liter.

"Karena tangki premium dan pertamax rusak akibat dijarah pascagempa, SPBU mengunakan tangki pertalite untuk menampung premium," ujarnya.

Menurut Zaki, pihaknya akan meminta kembali distribusi dari Depot Donggala, jika akses transportasi sudah pulih kembali.

Sepanjang jalur jalan trans Sulawesi arah Donggala bagian Utara menuju Kabupaten Tolitoli dari Kota Palu, hanya tersedia dua SPBU di Kecamatan Sirenja dan Kecamatan Dampelas.

Sementara di Palu, antrean masyarakat untuk mendapatkan BBM di sejumlah SPBU di Kota Palu sudah kembali normal pascagempa.

Berdasarkan pantauan di SPBU Jalan I Gusti Ngurah Rai Palu Barat, pada Minggu, antrean kendaraan roda dua maupun empat hanya sebatas lima sampai tujuh kendaraan.

Pertamina mengerahkan petugas SPBU dari Pertamina MOR VII untuk menjadi operator sementara guna menggantikan karyawan setempat yang menjadi korban gempa. Para relawan operator tersebut mengenakan kaos berwarna putih bertuliskan Pertamina Peduli Palu.