Telkomsel Sulteng pulihkan 80 persen BTS

id telkomsel

Telkomsel Sulteng pulihkan 80 persen BTS

Ilustrasi-- Tower Telkomsel (ist)

Jakarta, (Antaranews Sulteng) - PT Telkom Indonesia (Persero) telah memulihkan 80 persen "site base station transceiver" (BTS) jaringan seluler yang terdampak gempa di Sulawesi Tengah. 

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, mengatakan sebelumnya jaringan backbone Telkom rute Palu-Donggala-Makassar dan rute Palu-Parigi-Manado sudah pulih 100 persen beberapa hari yang lalu.

"Kami bersyukur bahwa saat ini TelkomGroup telah berhasil memulihkan jaringan "backbone" dari dan menuju Palu serta 80 persen 'site BTS' pelayanan seluler. Kami akan terus memberikan yang terbaik hingga seluruh pelayanan telekomunikasi di Palu dan sekitarnya kembali seperti sediakala," kata Arif.

TelkomGroup mengerahkan ratusan tenaga teknis terlatih, memobilisasi "mobile" genset dan "mobile BTS". Di samping itu, sinergi antara Telkom dengan PLN dan Pertamina akan terus berlangsung khususnya dalam hal pemulihan catuan listrik dan penyediaan bahan bakar untuk genset.

Selain mengupayakan pemulihan jaringan telekomunikasi secara maksimal, TelkomGroup bersama tujuh BUMN yaitu PLN, Pertamina, Pelabuhan Indonesia IV, BRI, Bank Mandiri, BNI, dan BTN telah mendirikan posko BUMN Peduli Bencana Sulteng untuk menyalurkan bantuan-bantuan seluruh BUMN bagi masyarakat yang terdampak. 

Saat ini, telah disalurkan sejumlah bantuan berupa tenda dan selimut, pakaian, bahan makanan dan dapur umum, air bersih dan MCK, layanan medis dan obat-obatan serta bantuan lainnya senilai Rp22,5 miliar.

Selain bantuan kemanusiaan tersebut, TelkomGroup menyediakan program bantuan khusus berupa fasilitas internet dan telepon gratis di 17 posko tanggap darurat di berbagai lokasi. 

TelkomGroup juga menyediakan 157 lokasi wifi gratis di 9 kota serta 50 menit paket gratis dan 200 SMS bagi para pengguna Telkomsel di Sulawesi Tengah. 

Guna membantu penanganan korban bencana, TelkomGroup juga memberikan 1.000 kartu perdana Simpati kepada aparat kepolisian serta para relawan bencana. 

"Kehadiran TelkomGroup dan BUMN lainnya diharapkan dapat meringankan beban masyarakat Palu dan sekitarnya," ujar Arif.