Bantuan ke kulawi raya sudah via darat

id Kulawi, bantuan, gempa

Sigi, 8/10 (Antara) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, mengatakan pengiriman bantuan logistik untuk para korban?gempa bumi di Kecamatan Kulawi Raya sudah dapat dilakukan melalui jalur darat karena jalan yang putus sudah berhasil dinormalisasi oleh dinas teknis daerah itu.

"Mulai hari ini (8/10) distribusi bantuan tidak lagi menggunakan helikopter karena jalur darat sudah kembali normal, meski medannya masih berat," kata Bupati Sigi, Irwan Lapata di Sigi, Senin.

Ia mengatakan telah mengistruksikan BPBD setempat untuk segera mendistribusikan bantuan sampai ke titik-titik pengungsi yang ada di seluruh wilayah, termasuk di empat kecamatan yang sebelumnya terisolir karena jalur jalan antara Desa Salua, Kecamatan Gumbasa sampai Desa Sadaunta, Kecamatan Kulawi tertimbun longsor akibat gempa bumi beberapa waktu lalu.

Kecamatan Kulawi Raya terdiri dari dari Lindu, Kulawi, Kulawi Selatan dan Pipikoro.

Empat kecamatan itu, kata Bupati Irwan termasuk wilayah terdampak gempa bumi cukup parah di Kabupaten Sigi.

Namun yang paling parah dari semua kecamatan yang dihajar gempa bumi pada 28 September 2018 adalah Kecamatan Sigibiromaru.

Sementara Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi, Gayus Sampe membenarkan jalur darat Salua-Kulawi hari ini sudah normal dilewati kendaraan.

Karena itu, distribusi bantuan untuk tiga kecamatan yakni Kulawi , Kulawi Selatan dan Pipikoro sudah dilakukan lewat jalur darat.

"Hari ini semua bantuan logistik untuk korban gempa sudah dilakukan melalui darat," kata dia.

Tetapi khusus satu kecamatan lagi yakni Lindu masih dilakukan menggunakan helikopter. "Hari ini helikopter milik TNI membawa bantuan untuk korban gempa di Lindu," katanya.

Akses jalan menuju Lindu hingga kini masih tertimbun longsor.