KPU RI bantu KPU daerah terdampak bencana

id kpu

KPU RI bantu KPU daerah terdampak bencana

Ilustrasi (ANTARA)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Komisi Pemilihan Umum RI menyerahkan bantuan barang dan logistik kepada sejumlah KPU di Provinsi Sulawesi Tengah yang terdampak bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi pada Jumat (28/9) petang.

Bantuan dari seluruh Komisi Pemilihan Umum se-Indonesia itu diserahkan Inspektur KPU RI Adiwijaya dan Kepala Biro Umum KPU RI, Yayu Yuliani yang diterima Ketua KPU Sulawesi Tengah Tanwir Lamaming di Sekretariat KPU Sulteng di Kota Palu, Jumat (12/10).

"Ini bentuan tahap satu senilai Rp100 juta," kata Tanwir.

Penyerahan bantuan itu juga disaksikan perwakilan KPU Kabupaten Donggala, KPU Kabupaten Sigi dan perwakilan KPU Kota Palu.

Usai diserahkan ke KPU Sulteng, bantuan itu langsung disalurkan kepada sejumlah KPU yang terdampak bencana, selanjutnya diteruskan ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan petugas pemugutan suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan.

Menurut Tanwir, pihaknya juga meminta bantuan penyediaan tenda bagi KPU Sulteng dan kabupaten/kota, untuk digunakan aparatur sipil negara (ASN) dan staf KPU dalam berkantor sementara guna menjalankan aktivitas mereka.

Kunjungan KPU RI di Palu, selain menyerahkan bantuan, juga melihat kondisi gedung dan Sekretariat KPU Sulteng pascagempa, Jumat (28/9) lalu.

KPU menyatakan kesiapan anggaran untuk melakukan rehabilitasi daerah-daerah yang terdampak bencana.