KBRI gelar promosi "Wonderful Indonesia" di Italia

id wonderful

Arsip Foto, Taksi di London, Inggris, bertuliskan promosi Wonderful Indonesia. (ANTARA/Zeynita Gibbons)

London, (Antaranews Sulteng) - Kementerian Pariwisata dan KBRI Roma menggandeng enam operator wisata yang memiliki beragam paket destinasi wisata di Indonesia untuk mempromosikan "Wonderful Indonesia" di pameran pariwisata terbesar di Italia, TTG Incontri, yang berlangsung di Rimini, Italia tangal 10-12 Oktober 2018.

Penerangan, Sosial, dan Budaya (Pensosbud) KBRI Roma, Aisyah M. Allamanda kepada Antara London, Sabtu mengatakan pameran TTG Incontri merupakan salah satu pameran pariwisata terbesar di Italia. Pada tahun 2017, tercatat lebih dari 72.000 pengunjung hadir, termasuk 1.500 pelaku usaha wisata dari 90 negara.

Asdep Pengembangan Pemasaran II Regional IV (Eropa) Kementerian Pariwisata RI, Agustini Rahayu, menyampaikan partisipasi di TTG Incontri bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan Italia ke Indonesia .

Menurut catatan, kunjungan wisatawan Italia ke Indonesia meningkat sangat tinggi, pada semester pertama tahun 2018 mencapai 20,71 persen dibanding periode sama tahun lalu, ujar Agustini Rahayu.

Sementara itu, Barbara Debora dari Italian Exhibition Group, penyelenggara TTG Incontri, mengatakan wisatawan Italia yang berkunjung ke negara-negara Asia khususnya Indonesia semakin banyak.

Pameran pariwisata ini sangat baik untuk menjaring wisatawan yang ingin berlibur di akhir tahun, utamanya bagi mereka yang tertarik pada objek wisata alam dan budaya Indonesia.

Dubes Indonesia untuk Italia, Esti Andayani, menegaskan KBRI Roma terus berupaya meningkatan kunjungan wisatawan dari Italia melalui berbagai kegiatan promosi Indonesia secara terpadu.Pada tahun 2019 mendatang, RI dan Italia akan memperingati 70 tahun hubungan bilateral kedua negara.

Momentum ini akan dimanfaatkan untuk promosi pariwisata di Italia lebih intensif, tentunya bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata RI, kata Dubes Esti Andayani.

Dubes RI perempuan pertama di Italia itu juga menjelaskan masyarkaat Italia menyukai cuaca hangat dan beberapa tahun terakhir Indonesia dengan iklim tropisnya menjadi salah satu destinasi favorit.

Paviliun Indonesia di ajang pertemuan para pelaku usaha pariwisata tersebut banyak dikunjungi pengelola tour and travel serta jurnalis dan travel bloggers yang mempromosikan objek wisata Indonesia kepada penduduk Italia.  

Salah seorang travel blogger yang berkunjung ke Indonesia Februari lalu, Francesco mengakui menemukan sesuatu di Indonesia yang tidak ada di tempat lain, yaitu kekayaan budaya dan keramahtamahan yang sangat mengesankan.

"Saya punya misi pribadi untuk memperkenalkan Indonesia melalui travel blog yang saya kelola," ujar Francesco.  

Menurut data Kementerian Pariwisata, wisatawan Italia yang berkunjung ke Indonesia pada tahun 2017 mencapai 84.000 wisatawan, angka ini ditargetkan meningkat hingga lebih dari 100.000 tahun 2018.

Selain mengikuti pameran pariwisata, promosi "Wonderful Indonesia" dilaksanakan Kementerian Pariwisata dan KBRI Roma secara aktif melalui pemasangan iklan luar ruang dan berkerjasama dengan agen perjalanan.

Berbagai kegiatan promosi seni budaya yang sering dilaksanakan KBRI Roma diarahkan untuk menarik minat kunjungan wisatawan Italia ke Indonesia.  

Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar