Korban gempa-lumpur Petobo tunggu informasi kepastian relokasi

id petobo

Korban gempa-lumpur Petobo tunggu informasi kepastian relokasi

Arsip Foto, Hajali Tenggo salah satu korban selamat bencana gempa bumi di sertai lumpur di Kelurahan Petobo. (Foto: Antara/Moh Ridwan)

Warga masih bertanya-tanya di mana rencana tempat relokasi
Sigi, Sulawesi Tengah,  (Antaranews Sulteng) - Korban gempa disertai lumpur dari Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, yang mengungsi di Desa Pombewe, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi butuh informasi rinci dari pemerintah mengenai rencana relokasi permukiman.

"Warga masih bertanya-tanya di mana rencana tempat relokasi," ucap Ketua RT01/RW 05 Kelurahan Petobo Abdul Naim, di Sigi Sabtu.

Menurut Naim, warga sangat membutuhkan informasi mengenai relokasi permukiman dari pemerintah.

Hal itu karena warganya yang kurang lebih berjumlah sekitar 68 jiwa atau sekitar 18 kepala keluarga tidak lagi memiliki tempat tinggal.

Ia mengaku bahwa sebagian warga masih memiliki lahan yang di wilayah Petobo yang tidak terdampak lumpur dan dapat digunakan untuk pembangunan tempat tinggal.

Namun, sebut dia, warga enggan menggunakan lahan mereka dikarenakan lokasi dekat dengan jalur patahan gempa serta terdampak lumpur.

"Warga trauma berat dan takut. Tidak mau karena lokasinya dekat dengan jalur gempa dan terdampak lumpur," ujarnya.

Dia juga menyebutkan bahwa warga membutuhkan penjelasan dari pemerintah mengenai gempa dan lahan-lahan relokasi apakah rawan dari gempa atau tidak.

"Sebaiknya ada penjelasan dari pemerintah kepada warga mengenai gempa," katanya.

Sebagian besar warga Kelurahan Petobo tidak lagi memiliki tempat tinggal pascagempa disertai lumpur pada Jumat 28 September 2018.

Warga membutuhkan bantuan pemerintah agar di bangunkan kembali tempat tinggal.