Tim kemanusiaan Minahasa tembus pedalaman Sigi

id sigi

Tim kemanusiaan Minahasa tembus pedalaman Sigi

Masyarakat terdampak gempa di Kabupaten Sigi sangat mengharapkan bantuan (Foto Antara/dok) (Foto Antara/dok/)

Kami saat ini sudah menembus kawasan Kecamatan Kulawi yang sempat terisolir akibat bencana gempa

Minahasa,  (Antaranews Sulteng) - Tim kemanusiaan dari Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara yang membawa bantuan, dan tim tanggap darurat dari pemerintah dan masyarakat menembus daerah pedalaman yang terisolasir di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu.

"Kami saat ini sudah menembus kawasan Kecamatan Kulawi yang sempat terisolir akibat bencana gempa," kata Kordinator Relawan Alexander Mamesah ketika dihubungi.

Dia menuturkan, dalam perjalanan tersebut para relawan harus menempuh medan berat, dan beresiko bagi keselamatan tim kemanusiaan.

"Logistik harus melewati beberapa pegunungan yang tinggi dan curam serta longsor besar. Bahkan hampir setiap jam jalan yang harus dilewati ering terjadi longsor besar, sehingga bisa mengancam para relawan," ujarnya.

Menurut Alexander timnya harus mengambil jalur alternatif menembus kawasan tersebut, untuk menyalurkan bantuan tersebut.

"Bagaimana pun bantuan ini harus dibawa di Kulawi bagaimana pun caranya. Karena bantuan ini sangat dibutuhkan oleh warga disana sekarang ini," katanya.

Dikatakannya, selain di Kulawi, penyaluran bantuan telah dilakukan dibeberapa gereja dan masyarakat yang ada di Kota Palu, Kabupaten Sigi juga Donggala.

"Kami sudah berkomitmen bahwa misi kemanusiaan ini harus diselesaikan sampai bantuannya habis," ungkap Alexander yang juga Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemkab Minahasa.

Selain bantuan logistik, bantuan kesehatan juga dilakukan oleh Pemkab Minahasa di Kota Palu dan kecamatan Kulawi.

"Selain membuka Posko penyaluran bantuan logistik, ada juga Posko pelayanan kesehatan secara gratis yang ada di Palu dan kecamatan Kulawi," tandasnya.