Baznas Jateng serahkan bantuan korban gempa-tsunami Sulteng

id Baznas

Baznas Jateng serahkan bantuan korban gempa-tsunami Sulteng

Baznas (antaranews)

Semarang,  (Antaranews Sulteng) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Tengah menyerahkan bantuan Rp416.159.000 untuk para korban gempa dan tsunami di Kota Palu, Sulawesi Tengah, melalui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.



"Bantuan tahap pertama terkumpul Rp416,159 juta, masih banyak bantuan yang bakal terkumpul dari berbagai pihak di Jateng, terutama dari lembaga pendidikan, seperti Nasima. Untuk tahap kedua rencana bantuan akan ditransfer ke Pemprov Sulteng atau lewat Baznas setempat," kata Ketua Baznas Provinsi Jateng K.H. Ahmad Darodji di Semarang, Minggu.



Bantuan tahap pertama itu, antara lain berasal dari Baznas kabupaten/kota Rp216 juta, Masjid Raya Baiturrahman, Masjid Agung Jawa Tengah, dan Masjid Agung Semarang.



Selain itu, dari Lembaga Pendidikan Islam Isriati Rp108,938 juta, masyarakat yang dititipkan Baznas Jateng Rp26 juta, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Provinsi Jateng Rp16 juta, dan pengurus Baznas Jateng Rp6 juta.



Bantuan diserahkan Ketua Baznas Jateng K.H. Ahmad Darodji kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, di rumah dinas gubernur di Puri Gedeh pada Sabtu (13/10), pukul 07.00 WIB atau satu jam sebelum Gubernur Ganjar bertolak ke lokasi bencana memimpin rombongan tim kemanusiaan dari Provinsi Jateng.



Wakil Ketua Baznas Jateng K.H. Zaen Yusuf dan K.H. Rozihan, serta Kepala Sekretariat Baznas Jateng Chandra Eka Sakti juga tampak hadir saat penyerahan bantuan yang dititipkan kepada Gubernur Ganjar.



Ke depannya, Baznas Jateng yang bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat (LAZ) juga merencanakan penyelenggaraan konser musik orkestra yang hasilnya untuk menyumbang korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.



Darodji mengungkapkan rencananya konser orkestra digelar di halaman Kantor Gubernur Jateng itu, menampilkan duet Gubernur Ganjar Pranowo bersama Habib Muhammad Lutfhi Bin Yahya.



"Waktunya November tapi tanggalnya belum ditentukan. Saat ini rencana duet Pak Ganjar dengan Habib Lutfhi, aransemennya masih terus digarap," ujarnya.



Dia mengatakan dalam orkestra amal dengan tema "Gayeng Jateng Peduli Sulteng", nanti juga akan mengundang Habib Syech Abdul Qodir Assegaf dan Melly Goeslow.



Gubernur Jateng juga akan mengoptimalkan kalangan usahawan di Jateng untuk hadir pada orkestra sehingga harapannya sumbangan dapat terkumpul banyak untuk membantu penanganan pascabencana di Sulteng.