Tim SAR Korea bantu cari korban gempa

id korea, gempa

Tim SAR Korea bantu cari korban gempa

Tim SAR Korea bantu cari korban gempa yang diduga masih terkubur reruntuhan bangunan resto dunia baru. (Anas Masa) (Anas Masa/)

Palu, (Antaranews Sulteng) - Tim SAR asal Korea?dalam beberapa hari terakhir ikut mencari para korban yang diduga masih tertimbun reruntuhan bangunan akibat gempa bumi yang mengguncang Kota Palu dan beberapa wilayah di Sulawesi Tengah pada 28 September 2018.

Pantauan Antara di Palu, Senin, Tim SAR Korea?yang berjumlah 11 orang itu, melakukan evakuasi korban dari salah satu lokasi terdampak bencana di Kota Palu.

Mereka fokus membantu pencarian korban yang tertimpa reruntuhan restoran Dunia Baru yang terletak tidak jauh dari Malla Ramayana Tatura yang juga terdampak bencana alam.

Para relawan asing tersebut mencoba untuk bisa masuk ke reruntuhan bangunan melalui celah-celah tembok agar bisa menemukan para korban yang masih terkubur puing-puing bangunan.

Meski hanya dengan peralatan sederhana, mereka terlihat optimistis bisa masuk melalui celah-celah tembok yang runtuh. Belum diketahui jumlah korban yang masih tertimbun.

Tetapi, menurut salah seorang anak pemilik restoran Dunia Baru, kemungkinan masih ada korban tertimbun, karena saat kejadian ada aktivitas di lantai atas.

"Yang pasti masih ada korban terjebak," kata Andi, anak pemilik restoran itu.

Weldi, salah seorang staf Sekolah Alkitab Taman Injil di Palu yang ikut mendampingi Tim SAR Korea tersebut, mengatakan sebelumnya mereka telah melakukan penyemprotan di beberapa lokasi terdampak parah gempa bumi di Ibu Kota Provinsi Sulteng.

Mereka sebelumnya sudah melakukan penyemprotan, termasuk Balaroa dan Petobo, dua lokasi dilanda gempa bumi dasyat di Palu. Di dua lokasi padat permukiman penduduk tersebut, Tim SAR Korea melakukan penyemprotan.

Mereka datang ke Kota Palu, kata dia, karena kemanuasian.

Gempa bumi dasyat menimbulkan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala. Tetapi dua kabupaten terdampak lain, adalah Sigi dan Parigi Moutong. Kabupaten Sigi termasuk daerah cukup parah diguncang gempa bumi.

Ribuan jiwa korban meninggal dunia akibat gempa bumi dan tsunami.