Ribuan warga Palu daftar pembuatan SIM C gratis

id SIM Gratis,polres Palu

Ribuan warga Palu daftar pembuatan SIM C gratis

Warga antre untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) tipe C gratis di halaman Mapolres Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (23/10/2018). Layanan gratis yang dibuka Polres Palu itu untuk membantu warga mendapatkan SIM pascagempa, tsunami, dan likuifkasi di Palu. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/aww.

Palu (Antaranews Sulteng) - Ribuan warga memadati halaman Kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Palu untuk mengurus permohonan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) motor atau SIM C baru gratis yang waktu pelayanannya akan berakhir Kamis (25/10).

Meski hawa panas di siang hari Kota Palu cukup menyiksa, tidak menyurutkan anatusiasme warga untuk mengurus permohonan pembuatan  SIM C baru. Mengingat pembuatan SIM C tidak dipungut biaya sepeserpun.

"Saya baru tahu kalau ada program permohonan pembuatan SIM C gratis. Pas saya dengar saya langsung ke mari untuk mengurus pendaftaran," kata salah satu warga Muammar Fadel.

Fadel mengaku memperoleh informasi pelayanan pendaftaran pembuatan SIM C gratis dari salah satu rekan kerjanya di Kantor DPRD Kota Palu. Bersama salah satu temannya, Fadel langsung bergegas menuju Kantor Satlantas Polres Palu untuk mendaftar.

"Saya berharap pelayanan pendaftaran pembuatan SIM C gratis ini dapat diperpanjang karena masih banyak warga yang mendaftar dan belum memperoleh SIM C gratis,"harap Fadel.

Senada dengan Fadel, Hendra juga sangat berharap pelayanan permohonan penerbitan SIM C gratis oleh Polres Palu dapat diperpanjang sebab dalam kondisi normal pengurusan pembuatan SIM C oleh pendaftaran dikenakan biaya dan proses yang cukup panjang .

"Saya dari hari Senin di sini dan sampai sekarang masih menunggu panggilan untuk ikut ujian ,"kata Hendra di sela-sela menunggu panggilan ujian oleh petugas.

Saking banyaknya warga yang mendaftar, kata Hendra warga yang telah mendaftar sejak dua hari lalu harus menunggu hingga hari ini untuk mendapat penghilang mengikuti ujian teori dan praktek .

Meski harus menunggu hingga beberapa hari, Hendra tetap sabar menunggu hingga memperoleh SIM C secara gratis .

"Mumpung gratis saya urus. Kalau hari-hari biasa biaya administrasi untuk pembuatan SIM gratis sampai ratusan ribu baru banyak proses yang harus dilalui,"ujar Hendra .

Ribuan warga sudah menunggu pendaftaran dan panggilan ujian tulis dan praktek untuk memperoleh SIM C sejak pukul 06.30 pagi. Sebab menurut warga yang mengantri , jika datang di atas pukul tujuh pagi maka dipastikan tidak akan mendapat jatah formulir pendaftaran .

"Kalau mau datang jam tujuh pagi. Kalau bisa jam setengah tujuh sudah di sini karena pada waktu itu petugas membagikan formulir pendaftaran kepada warga . Kalau sudah di atas jam tujuh kecil kemungkinan mau dapat,"ucap Hendra.

Kegiatan pelayanan pembuatan SIM C gratis merupakan program "Polri Peduli Masyarakat Kota Palu " oleh Korlantas Mabes Polri. Persyaratan yang harus dipenuhi pendaftara yakni mengiri formulir pendaftaran dengan memperlihatkan KTP, mengikuti ujian teori dan praktek.

Pelayanan SIM C gratis tersebut dimulai sejak Sabtu pekan lalu (19/10) dan berkahir  Kamis (25/10), kata Kapolres Palu AKBP Mujianto.
 
Petugas melayani warga untuk pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) tipe C gratis di halaman Mapolres Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (23/10/2018). Layanan gratis yang dibuka Polres Palu itu untuk membantu warga mendapatkan SIM pascagempa, tsunami, dan likuifkasi di Palu. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/aww.