Korban gempa-tsunami Sindue dapat bantuan tenda UNHCR

id tenda

Korban gempa-tsunami Sindue dapat bantuan tenda UNHCR

Arsip foto, Warga korban gempa bumi dan tsunami memeriksa kondisi tenda bantuan pihak asing yang dibagikan di lokasi pengungsian di halaman Masjid Agung di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (22/10/2018). Bantuan dari berbagai pihak termasuk luar negeri masih terus berdatangan dan membantu meringankan beban masyarakat yang ditimpa bencana. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/wsj.

Donggala, Sulawesi Tengah,  (Antaranews Sulteng) - Korban gempa dan tsunami di Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah mendapat bantuan tenda dari United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), Minggu 28 Oktober 2018.

"Akhirnya korban bencana alam gempa dan tsunami di Desa Lero Kecamatan Sindue dapat bantuan tenda UNHCR setelah lama menghuni tenda terpal di pengungsian," ucap korban gempa dan tsunami Desa Lero Mohammad Hamdin.

Bantuan tenda layak huni itu, sebutnya sebanyak 120 unit. Hadirnya tenda itu, membuat korban dan tsunami tidak lagi tinggal di tenda-tenda terpal.

"Genap satu bulan korban gempa dan tsunami berteduh siang dan malam hari dibawah tenda terpal. Kini bantuan tenda telah datang," tambahnya.

Kehadiran tenda-tenda bantuan dari UNHCR itu, difasilitasi oleh relawan yang tergabung di PMI. Sedangkan pembersihan lokasi dan pemasangannya, dibantu langsung aparat TNI AL.

"Secara keseluruhan, tendan layak huni ini berjumlah 120 unit dan beberapa tenda dalam ukuran besar yang diperuntukan buat tempat memasak umum, tempat ibadah, tempat pelayanan kesehatan dan fasilitas lainnya," urai dia.

Di Desa Lero, terdapat 10 unit rumah hilang, 106 unit rumah roboh yang dihuni lebih dari 250 keluarga. Sisanya rusak sedang dan ringan.

Ia mengaku hingga masa darurat berakhir, bantuan tenda layak huni dari pemerintah daerah, tingkat Provinsi maupun kabupaten, tidak ada.

"Kami berharap, dimasa transisi ini pemerintah bisa memberi perhatiaannya pada korban yang masi tinggal di pengungsian. Utamanya berkaitan dengan kebutuhan pangan dan kebutuhan lainnya," sebut dia.