Bulog salurkan bantuan beras di Sigi

id Bulog, beras,gempa

Bulog salurkan bantuan  beras di Sigi

Stok beras di gudang Tondo cukup tersedia dalam jumlah memadai (Foto Antara/(Anas Masa)

Sigi, (Antaranewqs Sulteng) - Bulog Sulawesi Tengah mulai menyalurkan beras bantuan sosial kepada masyarakat miskin di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah langsung untuk jatah tiga bulan (Oktober-Desember) 2018.

Kepala Bidang Pengadaan dan OPP Perum Bulog Sulteng, Bahar Haruna di Sigi, Kamis menjelaskan baru Kabupaten Sigi yang menyalurkan beras tiga bulan sekaligus.

"Ini permintaan dari Pemkab Sigi? sendiri dan? Bulog pada prinsipnya menyetujui," kata dia.

Pendistribusian beras sudah dilakukan selama pasca -bencana alam gempabumi dan tsunami yang menghajar Kota Palu, Donggala dan Kabupaten Sigi.

Namun karena banyak wilayah yang masih cukup sulit dijangkau karena akses jalan rusak akibat gempabumi di wilayah Sigi, maka penyaluranpun tidak merata.

Terutama di wilayah Kulawi, Kulawi Selatan, Pipikoro dan Lindu hingga kini belum tersalurkan karena banyak akses jalan yang rusak akibat bencana alam tersebut.

Namun demikian, Bulog tetap berupaya secepatnya menyalurkan sampai ke titik distribusi yang telah ditetapkan Pemkab Sigi.

Khusus untuk wilayah-wilayah lainnya di Sigi, termasuk di Kecamatan Sigi Biromaru, Dolo dan Marawola sudah tersalurkan.

Sementara Kabupaten Donggala dan Kota Palu yang juga terdampak bencama gempa dan tsunami cukup parah, beras bansos belum bisa disalurkan.

Untuk Kota Palu, bansos disalurkan tidak lagi sama seperti bansos di kabupaten-kabupaten di Provinsi Sulteng karena telah menggunakan kartu (voucher) Bantuan Pangan Non -Tunai (BPNT).

Bulog tidak lagi melakukan intervensi untuk penyaluran bansos di Ibu Kota Provinsi Sulteng.

Saat ini, lanjut Bahar, Bulog Sulteng tinggal menyalurkan? beras untuk semua kabupaten di Sulteng. Ada 12 kabupaten di Provinsi Sulteng yang masih menerima beras yang disalurkan olej Perum Bulog.

Ros, seorang penerima bansos di Sigi mengatakan jatah beras subsidi untuk tiga bulan sudah disalurkan Bulog dan telah di terima masyarakat di desanya.

"Kualitas berasnya cukup bagus," kata ibu rumah tangga asal Desa Panau, Kecamatan Sigibiromaru.