Imigrasi Luwuk amankan 14 wna Sri Langka

id imigrasi

Imigrasi Luwuk amankan 14 wna Sri Langka

a

Luwuk,  (Antaranews Sulteng) - Petugas Kantor Imigrasi Kelas III Banggai di Luwuk, Sulawesi Tengah, mengamankan 14 warga negara asing asal Sri Langka, Selasa (13/11) malam.

"Mereka mengaku hanya ingin wisata religi di Indonesia. Mencari kuil-kuil yang berkaitan dengan keagamaan," kata pejabat Imigrasi Kelas III Banggai, Ferdinan di Luwuk, Kamis.

Para WNA itu diamankan karena adanya laporan masyarakat, dimana saat dilakukan pemeriksaan, seluruhnya juga hanya mengantongi paspor wisata.?

Kedatangan mereka di Kota Luwuk, juga variatif, antara sepekan hingga dua pekan.

"Sedang dilakukan pemeriksaan kepada mereka, untuk mengetahui maksud dan tujuan sebenarnya ke daerah ini," ujar Ferdinan.

Menurut dia, dalam pemeriksaan terungkap sejumlah alasan, sebelumnya hanya terkait wisata religi, kemudian mereka berganti mengaku ingin mencari suaka di Indonesia, karena mereka merupakan korban kisruh politik di Sri Lanka.?

"Katanya, kalau kembali mereka akan dibunuh. Tapi kami belum bisa mempercayai sepenuhnya dan terus mendalaminya," katanya.?

Saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pimpinan terkait pelanggaran apa saja untuk para WNA itu.

"Yang agak aneh juga, jika wisata, seharusnya ada penanggungjawab orang Indonesia atau pendampingnya. Tapi mereka tidak punya. Mereka juga berasal dari tempat yang berbeda-beda di Sri Lanka," ungkapnya.

Saat ini petugas Imigrasi masih sebatas menelusuri dokumen izin tinggal mereka, sebab beberapa alasan yang dilontarkan sejumlah WNA mengisyaratkan ada yang janggal. Meski begitu, dirinya tak bisa berspekulasi.?

"Untuk sementara mereka hanya kita amankan. Mengenai pelanggaran dan lainnya masih terus kami pelajari," ujar Ferdinan.?

Ke-14 WNA terlihat ditampung pada satu ruangan Kantor Imigrasi Kelas III Banggai. Mereka bahkan meminta sebatang rokok kepada tamu Imigrasi dan mengaku sudah kehabisan uang untuk kembali atau membeli sesuatu.