Menteri Susi: olahraga laut kembangkan poros maritim

id susi pujiastuti

Menteri Susi: olahraga laut kembangkan poros maritim

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.)

Melaksanakan olahraga laut ini memang sangat penting, karena apa? Karena Indonesia itu sekarang misinya ingin menjadi poros maritim dunia.

Jakarta,  (Antaranews Sulteng) - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan, bila warga aktif dalam melakukan olahraga laut maka sama saja dengan turut mengembangkan dan menyukseskan visi poros maritim dunia.



"Melaksanakan olahraga laut ini memang sangat penting, karena apa? Karena Indonesia itu sekarang misinya ingin menjadi poros maritim dunia. Berarti itu kita harus bisa memperhitungkan. Kalau orangnya saja tidak mau, tidak suka laut, apalagi takut sama laut, bagaimana menjadi poros maritim," kata Menteri Susi dalam rilis, Senin.



Susi Pudjiastuti mengutarakan hal tersebut ketika secara resmi membuka acara Perlombaan Renang pada Kejuaraan Selam Nomor Laut Pangandaran Open 2018 antar Klub Selam Indonesia di Pantai Timur Pangandaran, Sabtu (17/11).



Dalam sambutannya, usai Menteri Susi mengatakan, olahraga laut merupakan hal yang penting dan dapat dijadikan sebagai sarana membangun SDM untuk mendorong misi pemerintah menjadikan Indonesia poros maritim dunia.



Ia juga mengingatkan kembali pada salah satu tujuan pemerintah, yakni menjadikan laut sebagai masa depan bangsa.



"Kita harus cintai, mulai jaga dan rawat laut kita," lanjut Menteri Susi.



Susi juga berpesan agar masyarakat dapat terus mencintai laut dengan beberapa aksi kecil tapi dapat dilakukan secara berkesinambungan.



Untuk itu, ujar dia, ditegaskan agar jangan ada pihak yang menangkap ikan dengan menggunakan bom, trawl atau jaring cantrang.



Menteri Kelautan dan Perikanan juga menghendaki warga merawat kondisi lautan Nusantara dengan jangan membuang sampah sembarangan.



Sebagaimana diwartakan terkait dengan kondisi lautan Nusantara, KKP menekankan pentingnya masyarakat mengonsumsi komoditas perikanan yang diperoleh dari laut dan kawasan perairan yang bersih dan sehat.



    Menteri Kelautan dan Perikanan berharap agar konsumsi ikan dapat menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia, tak hanya masyarakat pesisir, tapi juga masyarakat yang tinggal di kota dan pegunungan.



    Selain itu, Menteri Susi juga berpesan agar selalu menyediakan menu ikan di rumahnya.



    "Ibu-ibu harus kasih makan anak-anak dari kecil itu ikan. Ikan juga lebih murah dari daging dan ayam. Ini bisa lebih hemat," kata Susi.



    Ia juga menekankan pentingnya kampanye untuk menjaga kedaulatan laut dengan cara memperkuat perairan perbatasan serta tidak merusak kawasan laut.