Wali Kota Palu ingatkan ASN patuh pada pimpinan

id Pemkot Palu,Wali Kota Palu,Palu,berita Palu

Lurah Petobo Alfin menandatangani berita acara pelantikan pejabat eselon IV di ruang kerja Wali Kota Palu. (Antaranews Sulteng/Muh. Arsyandi)

Palu,  (Antaranews Sulteng)- Wali Kota Palu Hidayat mengingatkan para aparatur sipil negara (ASN) di ingkungan Pemerintah Kota Palu, agar patuh dengan perintah pimpinan organisasi perangkat derah (OPD), dimana mereka berdinas.

Peringatan itu disampaikan Hidayat, karena masih ada ASN di sejumlah OPD yang diketahui dan dilaporkan, tidak patuh dengan perintah pimpinan.

“Jangan main-main dalam menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat. Kalau pimpinan salah, berikan saran dan masukan,” pesan Hidayat saat melantik empat pejabat eselon IV di ruang wali kota, Senin (19/11).

Hidayat mengatakan salah satu efek jera yang diberikan dengan memutasi para pejabat maupun staf, atau menurunkan pangkat eselon ASN yang dilaporkan.

Hidayat menyinggung soal seringnya ia memutasi pejabat di berbagai OPD, sebagai langkah tindak lanjut atas temuan dan laporan, berkaitan dengan perilaku pejabat bahkan pimpinan OPD.

Hidayat mencontohkan pejabat yang paling sering dimutasi diantaranya Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

“Sudah berulang kali saya ingatkan supaya patuh dan bekerja semaksimal mungkin untuk melayani masyarakat, tapi selalu diabaikan juga. Jadi jangan salahkan saya, kalau sampai saya mutasi, bahkan sampai saya turunkan pangkat eselonnya,” jelas Hidayat.

Hidayat memastikan tidak akan sungkan untuk mengambil tindakan tegas terhadap ASN, yang terbukti melakukan pelanggaran disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) apalagi pelanggaran pidana.

Hidayat juga meminta kepada pejabat yang baru dilantik dan seluruh ASN, agar bekerja maksimal melayani dan memenuhi kebuttuhan masyarakat, khususnya pengungsi yang menjadi korban gempa, tsunami dan likuifaksi.

Karena saat ini, Kota Palu memasuki masa transisi darurat ke pemulihan pasca bencana 28 September lalu, sehingga pemenuhan kebutuhan dasar dan kebutuhan pokok pengungsi.

“Saya minta jangan bekerja karena orientasinya uang. Niatkam bekerja untuk membangun Kota Palu dan melayani serta membantu masyarakat khususnya pengungsi,” pesan Hidayat.

Empat pejabat eselon IV yang dilantik antara lain Andi Maserang sebagai Kepala Seksi Pembangunan Jalan pada Bidang Bina Marga Dinas PU. Yana Setiawan menjabat Kepala Seksi Pembangunan Perumahan pada Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman. Masrun menjabat Kepala Seksi Pemerintahan pada Kecamatan Mantikulore dan Alfin menjabat Lurah Petobo.

Pewarta :
Editor: Fauzi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar