4.039 kotak suara tiba di KPU Poso

id kpu,pemilu

4.039 kotak suara tiba di KPU Poso

Proses pengamanan pengangkutan Kotak Suara Pemilu (antaratv)

Poso (Antaranews Sulteng) – Sebanyak 4.039 buah logistik kotak suara berupa karton dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tiba di KPU Poso, Senin (26/11), yang akan digunakan pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang.

Seluruh kotak surat suara itu dikirim melalui jalur laut, tiba di pelabuhan Pantoloan Palu, Minggu (25/11), selanjutnya diangkut ke kantor KPU Poso melalui jalan darat dengan menggunakan 4 unit mobil truk.

Setibanya di KPU, pihak KPU melakukan pemeriksaan material kotak suara untuk memastikan kecocokan seluruh jumlah data yang ada, sebelum disimpan di gudang yang telah disiapkan.

Ketua KPU Poso Budiman Maliki mengatakan kota suara yang sudah diterima dan disimpan rapi digudang, merupakan bagian dalam tahapan Pemilu 2019.

Kata dia, dari  keseluruhan kotak suara yang ada, terdapat kelebihan 189 kotak suara untuk cadangan. Sehingga dipastikan kebutuhan logistik berupa kotak suara untuk pemilu tahun 2019 di Kabupaten Poso telah terpenuhi. 

“Kelebihannya untuk menjaga, apabila terjadi kerusakan pada kotak suara yang berada di TPS nantinya,” ujarnya.

Selanjutnya pihaknya sedang menunggu distribusi material bilik suara, yang masih dalam proses. Dipastikan dalam waktu dekat,material bilik suara tersebut akan diterima, dengan proses pengiriman yang sama dengan logistik kotak suara.

“Saya berharap semua proses distribusi bisa berjalan lancar dan aman,’’ harap Budiman.

Penerimaan kotak suara itu, disaksikan ketua KPU Poso Budiman Maliki bersama komisioner lainnya Wisnu Pratala, Bawaslu Poso dan sejumlah anggota polisi dari Polsek Poso Kota.