Turis China ke Indonesia naik 275 persen

id turis,china

Wisatawan China mulai membanjiri berbagai negara, termasuk ke Indonesia. (CNReviews)

Jakarta,  (Antaranews Sulteng) - Turis asal China ke Indonesia dalam lima tahun terakhir mengalami kenaikan sebanyak 275 persen, dengan jumlah kunjungan mencapai 2,06 juta di tahun 2017.

"Dalam lima tahun terakhir, kontak antar masyarakat telah memasuki fase baru. Telah terjadi banyak pertukaran baik dalam bidang pariwisata, pendidikan, media, aktifitas generasi muda dan olah raga," kata Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian saat memberikan pidato pembukaan dalam acara seminar "Indonesia-China 5 Years of Comprehensive Strategic Partnership" di Jakarta, Selasa.

  Hal mengindikasikan kemajuan dalam kontak antar manusia dari Indonesia dan China.           

Sebelumnya telah dilaporkan bahwa Indonesia sendiri telah menjadi salah satu dari 10 besar negara tujuan wisatawan China di tahun 2017.      Indonesia sendiri gencar melakukan promosi pariwisata di China karena potensi pasar di negara Tirai Bambu itu diyakini cukup besar, dan Pemerintah Indonesia telah menentukan target sebesar 2,6 juta kunjungan dari wisatawan China selama tahun 2018 ini.

Menurut Dubes Xiao Qian, hubungan antar masyarakat kedua negara harus terus diperkuat, karena hal tersebut menjadi salah satu kunci dari kemitraan bilateral dua negara yang kokoh.     

"Kita harus terus melakukan usaha yang konsisten untuk memperluas dan memperdalam pertukaran antar manusia di berbagai bidang, termasuk media, keagamaan, aktifitas generasi muda, olah raga dan pariwisata, guna mrningkatkan dukungan publik atas hubungan Indonesia dengan Tiongkok,¿ jelasnya.   

Lima tahun yang lalu, pemimpin Indonesia dan China sepakat untuk mengubah kemitraan komprehensif kedua negara menjadi hubungan komprehensif strategis.     

Sejak diubahnya status hubungan tersebut, Dubes Xiao meyakini bahwa hubungan bilateral Indonesia dan China kian mengalami kemajuan, termasuk di dalam hubungan antar masyarakat.

Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar