Bupati : 104 desa di Donggala terdampak tsunami-longsor

id donggala,gempa

Bupati : 104 desa di Donggala terdampak tsunami-longsor

Arsip, Bendahara DPP Nasdem Ahmad Ali didampingi Bupati Donggala Kasman Lassa meninjau kondisi korban gempa dan tsunami Donggala. (Antaranews Sulteng/istimewa)

Donggala, Sulawesi Tengah,  (Antaranews Sulteng) - Bupati Donggala, Sulawesi Tengah, Kasman Lassa mengemukakan terdapat 104 desa/kelurahan di wilayah yang dipimpinnya terdampak tsunami dan longsor.

Ia di Donggala, Minggu, mengatakan Donggala tidak terdampak likuifaksi (tanah mencair/tanah bergerak).

Ratusan ribu masyarakat di 104 desa/kelurahan yang terdampak tsunami dan tanah longsor. Hal itu karena pemukiman warga terlalu dekat dengan pesisir pantai dan gunung.

Dirinya menguraikan untuk membangun kembali atau membangkitkan kembali masyarakat, maka diawali dengan inventarisi atau pendataan warga korban terdampak bencana itu.

"Dalam masa transisi ini, upaya yang dilakukan untuk membangkitkan kembali warga korban terdampak bencana diawali dengan pendataan," lanjutnya.

Menututnya untuk membangkitkan kesejahteraan korban perlahan-lahan, maka pemerintah melakukan kegiatan pemberdayaan yaitu melalui pengembangan usaha ekonomi produktif.

"Pengembangan usaha ekonomi produktif ini menjadi salah satu strategi pendekatan agar masyarakat cepat bangkit pascabencana," sebutnya.

Lanjut dia, Pemkab Donggala berupaya membangkitkan semangat warga terlebih dahulu, untuk menghilangkan trauma. Setelah itu, Pemkab Donggala akan membimbing dan mengembangkan usaha warga agar dapat berintekrasi langsung dengan pasar.