Pemkab Parigi Moutong ajak masyarakat gemar makan ikan

id Parigi, warga,ikan,menu

Pemkab Parigi Moutong ajak masyarakat gemar makan ikan

Sekretaris Derah Parigi Moutong, Ardi Kadir (Kedua dari kiri) mencoba salah satu menu masakan pada lomba cipta menu di taman Kelurahan Masigi, Parigi, Minggu (2/12). (Antaranews Sulteng/Humas Parimo)

Parigi, (Antaranews Sulteng)  - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah mengajak masyarakat agar gemar makan ikan, untuk dapat meningkatkan gizi. 

"Mengonsumsi ikan perlu, apa lagi bagi anak-anak, agar gizi mereka lebih baik untuk tumbuh kembangnya," kata Sekretaris kabupaten  Parigi Moutong Ardi Kadir saat menghadiri kegiatan lomba cipta menu, di Parigi, Minggu. 

Parigi Moutong memiliki luas garis pantai kurang lebih 472 kilometer, yang masuk dalam wilayah Teluk Tomini, membentang dari ujung selatan hingga utara berbatasan dengan Provinsi Gorontalo. 

Mata pencarian masyarakat di kabupaten didominasi petani dan nelayan ditopang hasil alam cukup melimpah.  Ardi menjelaskan, selain kegiatan melaut, pemanfaatan tambak untuk budi daya ikan maupun udang sudah cukup baik dan banyak diminati warga.

Baca juga: Dinas KP Sulteng bagikan 1,8 ton ikan segar kepada pengungsi (vidio)

"Tambak kita cukup banyak dan rata-rata bubdi daya ikan bandeng, olehnya kami mendorong warga agar gemar mengkonsumsi ikan karena kaya akan protein," harap Ardi.

Gemar makan ikan kata dia, dimulai dari tingkatan keluarga intim sebagai upaya meningkatkan pola konsumsi yang sehat ditopang dengan pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA).

"Berbicara tentang pangan yang memenuhi prinsip B2SA, maka pemanfaatan pola konsumsi serta beragam gizi seimbang harus berprotein serta aman dikonsumsi," ucapnya. 

Menurut dia, tambahan ikan menjadi salah satu komoditas yang penting disediakan dalam menu makanan keluara sehari-hari. 

Pada kegiatan kuliner yang digagas Dinas Ketahanan Pangan bersama Dinas Kelautan dan Perikakan setempat, menyajikan beragam menu masakan ikan yang dikolaborasikan dengan masakan lainnya untuk memicu warga agar lebih sering mengonsumsi ikan.