Harga sejumlah kebutuhan naik jelang natal

id kebutuhan

Ilustrasi--kebutuhan pokok (FOTO ANTARA)

Palu, (Antaranews Sulteng) - Harga sejumlah bahan kebutuhan masyarakat di pasaran Kota Palu, Sulawesi Tengah, mulai bergerak naik menjelang hari Natal dan Tahun Baru.

Di Pasar Masomba Palu, Rabu, harga bawang merah naik dari sebelumnya Rp20.000/kg kini menjadi Rp28.000/kg dan bawang putih dari Rp25.000 naik menjadi Rp30.000/kg.

Bahan kebutuhan sehari-hari lainnya yang mengalami kenaikan cukup tajam adalah cabai rawit sebelumnya hanya berada pada kisaran Rp25.000/kg, kini bergerak naik hingga mencapai Rp60.000/kg.

Kenaikan harga diduga dipicu meningkatnya permintaan masyarakat.

Halifah, pedagang di kawasan itu membenarkan adanya kenaikan harga beberapa komoditi pangan.

Dia mengaku stok bawang merah, bawang putih, dan cabai di pasaran cukup banyak, tetapi harganya naik karena di tingkat produsen rata-rata sudah naik.

Otomatis, kata dia, pedagang menyesuaikan harga penjualan dengan ikut menaikan agar tidak merugi.

Hal senada juga disampaikan Mina. Pedagang sayur-mayur di Pasar Masomba itu mengatakan kenaikan harga sejumlah bahan kebutuhan masyarakat di tingkat pengecer dikarenakan harga di tingkat petani naik.

Apalagi, kata dia, sentra-sentra produksi bawang merah dan cabai di Sulteng seperti di Kabupaten Sigi produksi? petani menurun akibat terdampak bencana alam gempabumi dan likuifaksi.

Sigi, kata Mina merupakan daerah penghasil berbagai komoditi pangan dan hortikultura di Provinsi Sulteng.

Selama ini hasil panen petani dijual ke Kota Palu dan sebagian lagi dipasarkan keluar seperti Kalimantan, Jawa dan Gorontalo, serta Manado.

Namun dua bulan pascabencana tersebut, petani mengalami kesulitan air sehingga berpengaruh besar terhadap? hasil panen menurun drastis.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng, Zainuddin Hak, membenarkan harga beberapa bahan pokok di pasaran menjelang Natal mengalami kenaikan.

Kenaikan tersebut dipicu meningkatnya permintaan, sementara stok kurang.

Khusus bahan kebutuhan pokok lainnya seperti beras, gula pasir, minyak goreng dan telur ayam masih stabil.
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar