TP-PKK Parigi Moutong juarai lomba masak serba ikan tingkat nasional

id parimo,tp-pkk,juara nasional

TP-PKK Parigi Moutong juarai lomba masak serba ikan tingkat nasional

Ketua TP-PKK Parigi Moutong Dra Hj Noorwachida Prihartini S Tombolotutu saat menerima piala dan penghargaan pada lomba masak serba ikan tingkat nasional di Jakarta, Jumat (7/12) (Antaranews Sulteng/Humas Pemda Parimo)

Jakarta (Antaranews Sulteng) - Tim Penggerak PKK Kabupaten Parigi Moutong kembali mengharumkan nama Provinsi Sulawesi Tengah di tingkat Nasional. Organisasi yang diketuai langsung Dra Hj Noorwachida Prihartini S Tombolotutu itu berhasil meraih juara 1 lomba masak serba ikan tingkat Nasional yang digelar Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dalam rangka Hari Ikan Nasional ke-5 Tahun 2018 di Jakarta Convention Center Senayan Jakarta, Jum;at (7/12).

Ketua Pokja 3 program Sandang, Pangan dan Tata Laksana Rumah Tangga TP-PKK Kabupaten Parigi Moutong, Kartikowati mengatakan, di ajang ini, Kabupaten Parigi Moutong mewakili Provinsi Sulawesi Tengah.

TP-PKK Parigi Moutong meraih juara 1 lomba masak serba ikan kategori menu kudapan.

”Sebelumnya PKK Parigi Moutong meraih juara pertama pada lomba masak serba ikan tingkat Provinsi Sulawesi Tengah. Alhamdulillah mewakili Sulawesi Tengah di tingkat nasional, PKK Parigi Moutong berhasil meraih juara I,”kata Kartikowati saat dihubungi via whatsapp pribadinya, Sabtu (8/12).

Kartikowati mengungkapkan, TP-PKK Kabupaten Parigi Moutong berhasil memikat hati dewan juri setelah menyajikan menu masakan serba ikan berjudul Pia Likuifaksi yaitu Pia Roa berisi ikan cakalang fufu “Alhamdulillah dari bentuk dan rasanya, Pia Likuifaksi ini memikat hati dewan juri,”kata Kartikowati.   

Ia menambahkan, selama event ini digelar, baru kali ini Provinsi Sulawesi Tengah meraih juara pertama. Padahal katanya Sulawesi Tengah rutin mengikuti kegiatan itu “Ibu Huria Fatimah dari TP-PKK Provinsi mengatakan setelah 10 tahun mengikuti kegiatan ini, baru kali ini Sulawesi Tengah meraih juara I, ini sangat membanggakan,“kata Kartikowati mengutip penyampaian Huria Fatimah dari TP-PKK Provinsi.           

Selain Sulawesi Tengah, Provinsi Riau berhasil meraih juara umum, 2 dan 3 untuk kategori menu kudapan dan menu keluarga. Sementara, TP-PKK Kabupaten Parigi Moutong yang mewakili Sulawesi Tengah berhasil meraih juara 1. Atas prestasi itu, TP-PKK Kabupaten Parigi Moutong berhasil membawa pulang tropi dan bonus sebesar Rp7,5 juta.

Mereka yang menjadi juri lomba masak serba ikan tingkat nasional yaitu Chef Juna, Chef Siska Suitomo (pengelola rumah makan sea food), Kementerian Kelautan dan Perikanan, Majalah Kuliner Sedap dan Chef dari sejumlah hotel berbintang di Jakarta.

Kartikowati berharap, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya gizi ikan melalui dasawisma dan membudayakan makan ikan “Melalui kegiatan ini kita juga dapat menyebarluaskan informasi kepada masyarakat tentang ikan, olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi serta manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan,”ungkapnya.
 

Pia likuefaksi, yakni kue pia berisi ikan cakalang fufu yang disajikan TP-PKK Parigi Moutong, memikat dewan yuri lomba masak serba ikan tingkat nasional di Jakarta, Jumat (7/12) (Antaranews Sulteng/Humas Pemda Parimo)