Liverpool bungkam Manchester United 3-1

id liverpool,manchester

Liverpool bungkam Manchester United 3-1

Pemain Liverpool Virgil van Dijk melakukan akselerasi dengan Romelu Lukaku (REUTERS / Phil Noble)

Jakarta,  (Antaranews Sulteng) - Gelandang serang Liverpool, Xherdan Shaqiri, menjadi supersub alias pemain pengganti penting yang menjadi penentu keberhasilan timnya membungkam Manchester United 3-1 dalam laga pekan ke-17 Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Senin dini hari WIB.

Shaqiri, yang baru dimasukkan oleh pelatih Juergen Klopp untuk menggantikan Naby Keita pada menit ke-70 dalam kedudukan 1-1, mencetak dua gol untuk membawa Liverpool meraih kemenangan, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Inggris.

Baru tiga menit merumput, Shaqiri berhasil menyambar bola muntah upaya halauan kiper David de Gea atas umpan silang Sadio Mane demi membawa Liverpool kembali memimpin 2-1.

Ashley Young sebetulnya berusaha menghalangi tendangan Shaqiri namun, benturan dari kakinya malah membuat bola memantul dan menghujam ke atas gawang menaklukkan De Gea.

Lantas tujuh menit kemudian Shaqiri mencetak gol keduanya, lagi-lagi terbantu benturan kaki pemain lawan, kali ini Eric Bailly yang berusaha melakukan halauan.

Sebelumnya, Mane membuka keunggulan Liverpool pada menit ke-24 saat ia menyambut sempurna umpan berteknik tinggi dari Fabinho, dengan dadanya sebelum melakukan tendangan voli menaklukkan De Gea.

Di tengah dominasi penuh Liverpool, United sempat menyamakan kedudukan akibat blunder yang dilakukan oleh Alisson ketika ia upaya antisipasinya atas umpan silang Romelu Lukaku tak berjalan sempurna.

Bola yang gagal dipeluk erat jatuh mengenai lututnya sebelum bergulir ke arah Jesse Lingard yang dengan sigap menyambarnya untuk membuat kedudukan imbang 1-1 pada menit ke-33.

United yang tak diperkuat Paul Pogba atas pilihan sang pelatih, Jose Mourinho, tampil laiknya tim sepak bola amatir di hadapan Liverpool. 

Mereka hanya melepaskan enam percobaan tembakan dan dua saja yang menemui sasaran.

Sebaliknya, 34 kali percobaan tembakan yang dilepaskan Liverpool dan hanya 11 tepat sasaran mengesankan terbuangnya dominasi 64 persen penguasaan bola sepanjang laga yang dimiliki tuan rumah.

Tiga poin yang dengan mudah diraih Liverpool kali ini kembali membawa mereka ke puncak klasemen dengan raihan 45 poin setelah sempat tergusur oleh Manchester City (43) selama kurang lebih 24 jam.

Sedangkan United (26) cukup beruntung posisinya masih bertahan di urutan keenam.

Kemenangan atas United juga sekaligus memperpanjang catatan tak terkalahkan Liverpool di Liga Inggris menjadi 17 pertandingan.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Inggris:

Liverpool (4-3-3): Alisson; Nathaniel Clyne, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Georginio Wijnaldum, Fabinho, Naby Keita (Xherdan Shaqiri); Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane (Jordan Henderson)

Pelatih: Juergen Klopp

Manchester United (3-5-2): David de Gea; Matteo Darmina, Eric Bailly, Victor Lindelof; Diogo Dalot (Marouane Fellaini), Jesse Lingard (Juan Mata), Nemanja Matic, Ander Herrera (Anthony Martial), Ashley Young; Marcus Rashford, Romelu Lukaku

Pelatih: Jose Mourinho

Baca juga: Jadi "supersub", Eriksen girang pungkasi pekan seru Tottenham (G006).