KPU Serahkan APK Untuk Peserta Pemilu di Parigi Moutong

id kpu,sulteng

KPU Serahkan APK Untuk Peserta Pemilu di Parigi Moutong

Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming menyerahkan APK untuk peserta pemilu 2019.(Antaranews Sulteng/IST)

Parigi, (Antaranews Sulteng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah dan KPU Kabupaten Parigi Moutong menyerahkan alat peraga kampanye (APK) untuk peserta Pemilu tahun 2019 mendatang.

Penyerahan itu dilakukan Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming di Parigi, Selasa, kepada perwakilan partai politik (Parpol), tim pemenang pasangan calon presiden dan calon wakil presiden serta calon DPD.

Sebelum diserahkan, seluruh APK terlebih dahulu melalui proses desain yang disepakati bersama. KPU hanya menfasilitasi pembuatan dan pencetakan APK sesuai jumlah dan ukuran yang disepakati.

“Proses ini sudah lama dilakukan, dimulai dari membangun kesepakatan bersama Parpol berdasarkan PKPU,” kata Tanwir.

KPU berharap, Parpol segera memasang APK tersebut di tempat-tempat yang telah ditentukan dan jangan memasang pada tempat yang dilarang seperti di tempat ibadah, sekolah-sekolah, fasilitas umum, lembaga pendidikan. 

Tanwir mengakui penyerahan APK mengalami sedikit keterlambatan. Namun, pihaknya berasalan bahwa ada mekanisme panjang dalam penyiapan, proses lelang hingga desain dari peserta Pemilu 2019.

“Ada beberapa teman-teman parpol maupun DPD itu yang sulit di hubungi. Sementara cetakannya harus bersamaan,” kata Tanwir.