KPU Poso serahkan APK ke peserta Pemilu

id kpu,poso,apk,pemilu

KPU Poso serahkan APK ke peserta Pemilu

Ketua KPU Poso Budiman Maliki (kiri) saat menyerahkan APK kepada peserta Pemilu. (Antaranews Sulteng/Feri Timparosa)

Poso (Antaranews Sulteng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso menyerahkan secara simbolis alat peraga kampanye (APK) ke peserta Pemilu yaitu perwakilan partai Politik,  tim kampanye daerah Capres/Cawapres dan perseorangan DPD.

“APK ini telah tiba di KPU Poso sejak beberapa hari lalu dan hari ini kita serahkan secara resmi ke peserta pemilu,” kata Ketua KPU Poso Budiman Maliki saat menyerahkan APK kepada peserta Pemilu disaksikan Sekretaris KPU Sulteng Nurbakti dan perwakilan Bawaslu Poso di kantor KPU Poso, Selasa

Komisioner KPU Poso, Wilianita Selviana Pangetty mengatakan penyerahan APK itu sesuai dengan amanat UU Nomor 07 tahun 2017 dan Peraturan KPU Nomor 23 tahun 2018.

“Jumlah APK yang diserahkaa terdiri dari spanduk 464 lembar dan Baliho 160 lembar,” ujarnya.

Untuk titik lokasi pemasangan APK kata dia, telah ditetapkan dalam SK KPU Poso nomor 2292 tahun 2018 tentang lokasi zona pemasangan APK, lokasi yang boleh dan tidak boleh dipasang APK.

Selain itu pemasangan APK harus memperhatikan etika dan estetika.

Untuk pemasangan baliho yang memakai konstruksi sendiri, harus menjamin keselamatan dan keamanan masyarakat. Dia berharap agar pemasangan APK memiliki konstruksi kuat untuk bertahan selama masa kampanye.

“KPU Poso hanya memfasilitasi pencetakan saja, sementara untuk pemasangan dan perawatan APK masing-masing diserahkan kepada peserta pemilu,” jelas Wilianita.